27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Bawaslu: ASN Tidak Boleh Coment, Like, Atau Bagikan Foto Bersama Bakal Calon

    Published on

    MANOKWARI – “ASN Tidak boleh coment, like dan bagikan postingan serta foto bersama dengan bakal calon di media sosial. Jika nantinya ada ASN yang diduga melakukan pelanggaran akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu. Soal sanksi apa yang diberikan menjadi kewenangan dari Komisi ASN”, kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manokwari, Nurlaila Muhammad dalam sosialisasi pencalonan Sabtu, (22/8/2020).

    Baca juga:  Syukuran HUT Partai, Ketua DPD Golkar Manokwari Gelorakan Kesiapan Hadapi Pemilu 2024

    Dirinya mengatakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh terlibat dalam aktivitas politik tahapan pencalonan kepala daerah, mulai dari kampanye hingga deklarasi calon kepala daerah.

    “ASN tidak terlibat dalam kampanye atau aktivitas apapun calon kepala daerah. Termasuk fasilitas negara tidak boleh digunakan. Sesuai dengan ketentuan pejabat BUMN/BUMD serta kepala kampung/desa juga tidak boleh masuk dalam struktur tim pemenangan calon kepala daerah,”ujar dia.

    Baca juga:  Verifikasi Administrasi DPD RI, Ketua KPU Papua Barat: Semua Bakal Calon Masih Aman

    Ditambahkan dia sesuai dengan ketentuan ASN dan anggota dewan yang maju dalam pilkada diharuskan menyampaikan pengunduran diri. Sedangkan calon petahana menyampaikan cuti.

    Baca juga:  Bawaslu Ungkap Indikator TPS Rawan di Papua Barat: Tak Ada Internet-Listrik

    “Pengunduran diri yang sudah dilalukan tidak bisa ditarik kembali. Selama 6 bulan tidak boleh ada penggantian pejabat,”tambah dia.

    Nurlaila menambahkan bahwa dalam bermedia sosial (medsos) pun ASN dilarang merespon apapun yang diposting berkaitan dengan pencalonan kepala daerah.(LPB3/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    PKS Resmi Mengusung Hero di Pilkada Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SK DPP PKS tentang Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati...

    Permudah Akses Informasi Pilkada, KPU Manokwari Buka Helpdesk

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sesuai jadwal dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, pendaftaran...

    Usai Terima Rekomendasi Parpol, Relawan Siap Sambut Anisto-Joko Lingara

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy-Joko...