25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Argosigemerai Diresmikan Jadi Kampung Pancasila, Dandim 1806: Tanamkan Nilai Bhinneka Tunggal Ika

    Published on

    TELUK BINTUNI, Linkpapua.com – Kampung Argosigemerai, Satuan Permukiman (SP) 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, diresmikan sebagai Kampung Pancasila, Kamis (3/11/2022).

    Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Arh. Patrick Arya Bima, dalam sambutannya mengatakan peresmian Kampung Pancasila merupakan realisasi dari perintah
    Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

    Tujuannya, untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, menciptakan kerukunan terhadap umat beragama, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, serta mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama. Selain itu, mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya.

    Baca juga:  Kodim 1806/TB dan PBVSI Teluk Bintuni Gelar Turnamen Bola Voli HUT TNI

    “Kampung Pancasila merupakan julukan untuk desa yang dijadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari hari di masyarakat,” kata Patrick.

    Patrick melanjutkan, Kampung Pancasila diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, menumbuhkan kerukunan masyarakat dalam bingkai Pancasila karena penduduknya yang beragam dalam menganut agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, maupun Konghucu.

    “Kampung Pancasila harus menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara wajib menerapkan sila-sila Pancasila serta dapat menanamkan nilai-nilai bhinneka tunggal ika,” jelasnya.

    Patrick menyebut Kampung Argosigemerai sebagai daerah yang sangat majemuk. Memiliki berbagai macam agama, tetapi sangat rukun dan damai. Kampung Argosigemerai pun diharapkan mampu menjadi contoh bagi kampung-kampung lain yang ada di Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Sidak Minyak Goreng, Kapolres Teluk Bintuni Sisir Gudang Distributor

    “Saya selaku Dandim 1806/Teluk Bintuni mengajak kepada saudara-saudara untuk turut membantu menjaga dan mendukung agar nantinya kita dapat menciptakan masyarakat yang adil, makmur, aman, damai, dan sejahtera, dengan berdasarkan Pancasila dan bhinneka tunggal ika,” ucapnya.

    Sementara, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni, Plt Kepala Badan Kesbangpol, Rheinhard C. Maniagasi, mengatakan ada beberapa hal yang melatarbelakangi terbentuknya Kampung Pancasila.

    Pertama, menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

    Baca juga:  HUT TNI, Kodim 1806/TB Gelar Baksos Kesehatan di Kampung Tuhiba

    Kedua, sebagai contoh penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

    Ketiga, sebagai contoh toleransi antarumat beragama.

    Keempat, sebagai contoh hidup damai, sikap tanpa pamrih meskipun ada perbedaan agama, suku, dan ras.

    Kelima, adanya kerukunan sikap masyarakat di daerah yang terpilih sebagai Kampung pancasila.

    “Kampung Argosigemerai salah satu kampung yang sangat majemuk dari agama, suku, maupun ras. Dalam keseharian masyarakatnya dari berbagai macam latar belakang pendidikan ada. Sangat tepat disebut salah satu Kampung Pancasila serta ke depan ada kampung-kampung yang lain,” tuturnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...

    Mediasi Kelar, Pemilihan Kepala Kampung Sara Teluk Bintuni Segera Digelar

    TELUK BINTUNI,Linkpapua.com - Polres Teluk Bintuni memediasi permasalahan antara Kepala Distrik Kaitaro Feky Feneteruma...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...