26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Aliansi Masyarakat Papua Deklarasi Dukung DOB dan Otsus

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Massa dari Aliansi Masyarakat Papua dan Masyarakat Nusantara membacakan deklarasi terkait dukungan terhadap daerah otonomi baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II di tanah Papua yang berlangsung di Lapangan Borasi Manokwari, Jumat (10/6/2022).

    Dibacakan Sekretaris Kepala Suku Maybrat di Manokwari, Markus Sraun, ada empat kesepakatan dalam deklarasi tersebut.

    Pertama, mereka mendukung sepenuhnya pelaksanaan Undang-Undang Otsus Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus di tanah Papua. Sebab, hal ini akan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Kirim Dokumen Deklarasi Dukungan Otsus-DOB ke Jokowi

    Kedua, mendukung pembentukan DOB di wilayah Papua karena merupakan program strategis nasional berdasarkan aspirasi masyarakat.

    “Untuk itu kami minta dengan sangat hormat kepada Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) dan pemerintah untuk segera merealisasikannya. Melalui pendekatan pemekaran akan mengakselerasi pembangunan sekaligus memperluas jangkauan pelayanan serta memperpendek rentang kendali pembangunan kepada masyarakat di wilayah Papua,” kata Markus.

    Baca juga:  Melkias Klaim Ekonomi Papua Barat Stabil, Bapok Aman Sampai Lebaran

    Ketiga, mendukung sepenuhnya pembentukan DOB di wilayah Papua karena secara yuridis telah diamanatkan dalam pasal 76 ayat 1, 2, dan 3 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus bagi Papua melegitimasi amanat.

    Keempat, meminta dengan sangat hormat kepada presiden dan pemerintah pusat agar segera menetapkan rancangan undang-undang pembentukan DOB di Wilayah Papua menjadi undang-undang.

    Baca juga:  Kontraktor Papua Soroti Minimnya Peluang Pengusaha OAP Menangangi Proyek Fisik

    Hal ini agar peningkatan pendidikan, kesehatan, peluang kesempatan kerja, peningkatan pembangunan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi daerah, pengelolaan potensi ekonomi daerah, dan pertumbuhan kehidupan demokrasi dapat diwujudkan.

    Setelah pembacaan deklarasi ini, materi deklarasi diberikan kepada Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) yang diterima oleh Leonard Yarolo untuk selanjutnya diteruskan. (LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...