26 C
Manokwari
Kamis, Oktober 24, 2024
26 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Ali Baham Singgung Dampak Inflasi di PB: Lahan Susweni jadi Solusi

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com – Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan di ruas jalan Susweni, Jumat (5/7/2024). Di kesempatan itu, Ali Baham kembali mengingatkan dampak inflasi yang bakal terasa di semua sektor.

    Menurutnya, inflasi Papua Barat masih fluktuatif. Kata Ali Baham, demi mengendalikan inflasi Pemprov Papua Barat mengaktifkan kembali lahan milik pemerintah di Susweni.

    “Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak panas secara global. Dampak ini mengakibatkan sektor pertanian mengalami masalah di antaranya susahnya air sehingga tanaman terkendala dalam proses pertumbuhan,” jelas Ali Baham.

    Baca juga:  Inflasi Papua Barat Melesat 4,8%, Ali Baham Instruksikan Buka Lahan Susweni

    Ia menjelaskan, masalah pemanasan global ini mengakibatkan harga pangan mengalami kenaikan. Dampaknya kemudian, stabilisasi pangan menjadi terhambat.

    “Untuk itu pemprov berinisiatif mengolah kembali lahan Susweni. Kita ingin lahan Susweni kembali produktif dan menjadi solusi inflasi,” ujar Ali Baham.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Semangati Paskibraka PB: Anak Muda Penentu Masa Depan

    Sampai saat ini lahan di Susweni telah disiapkan untuk menanam tanaman penyumbang inflasi tinggi. Di antaranya tomat, cabai, kacang panjang dan bawang merah.

    “Diharapkan tanaman yang kita semua tanam ini akan menetralisir harga pangan di pasaran,” katanya.

    Nantinya tanaman yang ditanam setelah dipanen akan diperuntukkan untuk dijual, dan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

    Baca juga:  Surya Paloh Tunjuk Dominggus jadi Ketua Partai NasDem PBD, Diminta Segera Konsolidasi

    “Dengan kita berkebun ini harapannya mengurang bahan pangan yang memiliki nilai ekspor tinggi,” selanya.

    Kata Ali Baham, Pemprov Papua Barat juga telah mencanangkan program untuk “Two Days No Rice” Dua hari tanpa nasi. Dengan metode ini harapannya dapat mengurangi nasi yang juga memiliki nilai ekspor yang tinggi. (LP14/red)

    Latest articles

    Ikut Orientasi, 18 Anggota DPRK Fakfak Diharap Optimal Jalankan Tupoksi

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - 18 anggota DPRK Fakfak mengikuti orientasi di Swiss-belhotel Manokwari, Rabu (23/10/2024). Orientasi ini dalam rangka memperdalam wawasan legislator mengenai tugas pokok dan...

    More like this

    Ikut Orientasi, 18 Anggota DPRK Fakfak Diharap Optimal Jalankan Tupoksi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - 18 anggota DPRK Fakfak mengikuti orientasi di Swiss-belhotel Manokwari, Rabu (23/10/2024). Orientasi...

    Papua Barat Segera Miliki Tenaga Sertifikasi Pengawas Benih

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pemerintah pusat akan melakukan sertifikasi bagi tenaga pengawas benih tanaman perkebunan di...

    Kampanye Akbar di Wosi, Hermus: Wosi Wajib HERO Menang

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pasangan Calon Kepala Daerah Manokwari Hermus Indou-Mugiyono (HERO) menggelar kampanye dengan menyapa...