25.8 C
Manokwari
Senin, Mei 13, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Kodam Kasuari Inisiasi Gerakan Peduli Lingkungan di Pesisir Pantai Sawaibu

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com-Kodam XVIII/Kasuari menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan pesisir Pantai Sawaibu, Manokwari, Jumat (12/1/2024). Kegiatan ini melibatkan lintas komponen.

    Kegiatan dilakukan dalam skala besar. Turut, Kodim 1801/Manokwari, Fasharkan Manokwari, kepolisian, Basarnas, FKPPI, KPLP dan DLH Pemkab Manokwari. Ada pula mahasiswa Unipa, Komcad, dan siswa SMA Taruna Kasuari Nusantara serta Pramuka.

    Aster Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Jimmy Rihi Tugu menyampaikan, gerakan sosial hari ini adalah wujud kontribusi lintas elemen dalam membantu menjaga lingkungan pantai.

    Baca juga:  Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola Hidup Sehat

    “Karya bakti pembersihan pantai itu sebagai wujud nyata kekompakan TNI bersama dengan yang lain. Personel gabungan yang terlibat dalam aksi tersebut dengan mengangkat sampah organik maupun nonorganik yang tampak berserakan di sekitar pesisir pantai,” ucapnya.

    Ia melanjutkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kasad kepada seluruh jajaran TNI AD untuk memerangi sampah. Menurutnya, ini juga merupakan awal dari proses edukasi kepada masyarakat pesisir.

    Baca juga:  Ketua Umum PMK2: Lebih Baik Hilangkan Saja Paket Masyarakat untuk 2022

    “Agar mereka punya kepedulian pada lingkungan. Menjaga kelestarian alam yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

    Dikatakan Jimmy, pesisir pantai yang bersih akan memberi nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Para pengunjung akan datang dan akan menjadi pundi ekonomi baru.

    “Karena itu kita imbau untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Kami berharap kebersihan lingkungan sekitar harus dijaga dengan baik,” harapnya.

    Baca juga:  Pra-PON Bali, Tim Basket Papua Barat Akan Uji Coba di Jakarta

    Sementara itu, salah satu warga, Dimara Dowansiba memuji inisiatif TNI dalam membersihkan wilayah pantai. Apalagi melibatkan banyak pihak.

    “Kami mewakili masyarakat yang ada, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bapak-bapak TNI, Polri yang dibantu oleh Pemda setempat, mahasiswa, anak-anak sekolah serta yang lainnya. Kegiatan Karya Bakti dengan membersihkan pantai ini tentunya sangat membantu kami khususnya masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya. (*/red)

    Latest articles

    Pilkada Manokwari : Hanya 1 Pasangan Bakal Calon Perseorangan yang Serahkan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dihari terakhir penyerahan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan (independent) Minggu (12/5/2024), terdapat 1 bakal calon yang menyerahkan ke...

    More like this

    Pilkada Manokwari : Hanya 1 Pasangan Bakal Calon Perseorangan yang Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dihari terakhir penyerahan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan...

    SKK Migas-Pertamina EP Papua Resmikan Rumah Informasi Kelompok Terumbu Karang Lestari Sorong  

    SORONG, Linkpapua.com - SKK Migas dan Pertamina EP Papua Field (PEP Papua) meresmikan dan...

    Kembangkan Bakat Mahasiswa, Universitas Caritas Indonesia Gelar Festival Tahunan

    MANOKWARI, linkpapua.com - Universitas Caritas Indonesia menggelar Festival Tahunan Caritas yang mulai berlangsung, Sabtu...