26.4 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Lahan Bandara Rendani Resmi Diserahkan, Hermus: Pembangunan Dimulai

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com- Masalah yang sekian lama melingkupi pembebasan lahan Bandara Rendani Manokwari akhirnya selesai. Pemkab Manokwari secara resmi telah menyerahkan lahan bandara Rendani untuk perpanjangan runway ke Kementerian Perhubungan, Jumat (22/4/2022).

    “Kita memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama atau berkolaborasi dalam penyelesaian tanah Bandara Rendani. Dengan adanya penyerahan ini artinya satu tahapan penting telah kita lewati,” terang Bupati Manokwari Hermus Indou, Jumat (22/4/2022).

    Baca juga:  Agustus 2023, Inflasi Tahunan Papua Barat 4,40 Persen

    Hermus mengatakan, penyerahan hasil pengadaan tanah bandara adalah fase paling krusial. Setelah ini akan dilakukan sertifikasi lahan.

    “Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, proses hukum dan legalitasnya akan diselesaikan dan memiliki kekuatan hukum tetap. Setelah itu akan diterbitkan sertifikat,” katanya.

    Setelah sertifikat terbit tahap selanjutnya adalah bagaimana pemerintah Kabupaten Manokwari berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan untuk dimulainya pembangunan bandara.

    Baca juga:  Bikers Day Presisi 2022, Hermus Harap tak Ada Lagi Ugal-ugalan di Jalan

    “Negara tidak boleh kalah dengan masyarakat karena yang kita lakukan ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan tidak berbicara untuk kepentingan individu,” ketus Hermus.

    Dalam proyek perluasan bandara, kata Hermus, wajib hukumnya untuk mengalahkan kepentingan pribadi atau golongan. Menurutnya, Bandara Rendani memiliki fungsi strategis. Bandara ini menjadi kunci transformasi ekonomi dan sosial di Manokwari.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Siap Meriahkan HUT RI Ke-78 dengan Lomba Lari 10 Km

    Karena itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan. Hermus berharap warga yang masih bertahan di kawasan bandara bisa segera direlokasi agar proses pembangunan bisa dipercepat.

    “Proses ini juga membutuhkan kerja sama antar masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian Perhubungan supaya bisa mendorong percepatan pembangunan terminal dan fasilitas – fasilitas lainnya,” pungkas Hermus. (LP8/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...