27.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
27.6 C
Manokwari
More

    Polres Manokwari: Kesiapan Penerapan ETLE di Papua Barat Sudah 90%

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Launching Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) direncanakan pada 25 Maret mendatang. Launching ETLE di Papua Barat bersamaan dengan 13 provinsi lainnya di Tanah Air.

    Kasat Lantas Polres Manokwari Iptu Subhan S Ohoimas menuturkan kesiapan launching ETLE di Papua Barat sudah mencapai 90 persen. Perangkat penunjang dan SDM yang akan menjalankan program juga sudah siap setelah sebelumnya mendapat pelatihan.

    Baca juga:  Sertijab Bupati Manokwari, Hermus Indou: Perjuangan Menuju Kesejahteraan Tanggung Jawab Bersama

    “Launching ini merupakan tahap kedua dari seluruh Indonesia dan akan disaksikan langsung oleh Kapolri. Ini menunjukan eksistensi Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat dan jajaran membuahkan hasil. Semoga dengan adanya ETLE ini merupakan langkah maju dalam penerapan hukum,” ujar Subhan, Senin (21/3/2022).

    Launching akan disaksikan langsung oleh Kapolri melalui video confrence (vicon).
    Diungkapkan Subhan, dari hasil koordinasi dengan Pengadilan Negeri dan Kejaksaan, kedua institusi tersebut juga sudah siap melaksanakan ETLE.

    Baca juga:  Ops Patuh di Jalan Yos Sudarso, Satlantas Polres Manokwari Catat 40 Pelanggaran

    “Dengan penerapan ETLE ini merupakan cara penindakan hukum yang baru. Karena pelanggar akan langsung menerima surat pemberitahuan di rumah masing-masing,” ujarnya.

    Subhan menuturkan, dalam sebulan pihaknya melakukan analisa dan evaluasi. Tercatat total pelanggaran mencapai 100 ribu. Pelanggaran didominasi seat belt.

    Baca juga:  Disnakertransdas PB Puji Bp Indonesia Penuhi Hak-hak Pekerja Selama Proses Demobilisasi

    “Semoga dengan penerapan ini semakin mendisiplinkan pengguna jalan. Karena yang diharapkan dari regulasi baru ini adalah menumbuhkan kesadaran warga,” ungkap dia.

    Sistem ETLE akan langsung terpantau dari Regional Traffic Managemen Centre(RTMC) dan Korlantas. Di Manokwari yang menjadi kawasan tertib lalu lintas (KTL) adalah Jalan Trikora Wosi dan Jalan Merdeka.(LP3/Red)

    Latest articles

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin Makki tokoh Sulawesi Selatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil...

    More like this

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin...

    Paul Finsen Mayor Dukung Septinus Lobat Jadi Calon Wali Kota Sorong

    SORONG, Linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 Dapil Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor,...

    Musrembang RKPD Bintuni, Konsolidasi Rencana Pembangunan 2025

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemkab Teluk Bintuni melalui Bappelitbangda Teluk Bintuni menggelar Musrembang RKPD...