26.6 C
Manokwari
Selasa, Mei 7, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    OPD Pemkab Manokwari Usul Sejumlah Raperda, Ada Soal Lapangan Kerja

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sejumlah OPD di Pemkab Manokwari mengusulkan rancangan peraturan daerah (raperda) di 2022. Raperda masih akan digodok untuk ditetapkan pembahasannya secara prioritas.

    Kabag Hukum dan HAM Pemkab Manokwari Nuning Dwi Lestari menjelaskan, nantinya usulan dari OPD akan dirangkum untuk dibahas bersama DPRD Manokwari. Hasilnya, baru akan diputuskan mana yang masuk prioritas.

    “Sampai saat ini belum ada surat dari DPRD untuk pengusulan raperda dari pemda. Memang ada beberapa OPD yang akan mengusulkan raperda. Seperti raperda tentang sanitasi yang merupakan usulan dinas perumahan,” jelas Nuning, Jumat (11/3/2022).

    Baca juga:  Echy Serme Bukan Pengunggah Postingan Rasis, Polisi Bidik Tersangka Baru

    Selain raperda sanitasi, ada juga usulan raperda yang berkaitan dengan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja. Namun kata Nuning, semua dalam proses penggodokan.

    “Sementara kita masih godok mana yang benar-benar urgent untuk bisa disampaikan ke DPRD,” jelasnya.

    Baca juga:  Workshop Pengelolaan Keuangan Desa/Kampung, Bupati Manokwari Tekankan Soal SDM

    Dikatakannya raperda yang diusulkan oleh OPD merupakan raperda yang menunjang tupoksi dari OPD tersebut.

    “Raperda diusulkan sesuai masing-masing OPD untuk menunjang tupoksinya. Seperti raperda sanitasi dari dinas perumahan itu bertujuan pengelolaan sanitasi yang nantinya akan ada retribusi bagi daerah,” sebutnya.

    Ada sekitar 10 raperda dari tahun lalu yang sampai saat ini masih difasilitasi di biro hukum provinsi. Menurut dia, kalau sudah difasilitasi maka diharmonisasi lagi dengan DPRD baru bisa dapat nomor registrasi lalu bisa disahkan.

    Baca juga:  Insiden Kramomongga, Pidar Papua Barat Minta Kapolres Fakfak Dicopot

    “Kalo sudah disahkan baru disosialisasikan,” jelasnya.

    Sejumlah raperda yang masih difasilitasi di antaranya raperda perubahan tentang kelembagaan dan raperda tentang kerja sama daerah. DPRD Manokwari sendiri masih belum menetapkan raperda apa saja yang akan dibahas di tahun 2022 ini. (LP3/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...