24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    SMART dan HEBO kena sanksi karena langgar protokol kesehatan

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Pasangan Sius Dowansiba-Moses Rudy F Timisela (SMART) dan Hermus Indou-Edi Budoyo (HEBO) dijatuhi sanksi karena kedapatan melanggar protokol kesehatan saat pelaksanaan kampanye tatap muka.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe di Manokwari, Senin, sanksi ini merupakan tindak lanjut temuan dan rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

    Sanksi yang diberikan kepada pasangan itu berupa penghentian sementara kegiatan kampanye tatap muka.

    Baca juga:  Hermus Tutup Rangkaian Peringatan HUT Manokwari dengan Ajakan Bersatu

    “Selama tiga hari mereka tidak diperbolehkan melakukan kampanye tatap muka. Terhitung sejak 30 November hingga 2 Desember,” kata Salewe.

    Muin menyebutkan, untuk kampanye sistem daring dan luring dua pasangan ini masih dipersilahkan.

    Dia menjelaskan dari pengawasan yang dilakukan, Bawaslu menemukan dua pasangan itu melanggar protokol kesehatan saat kampanye tatap muka di daerah ini.

    Baca juga:  PDIP Persilakan Hermus Indou Tentukan Sendiri Calon Pendamping di Pilkada

    Menindaklanjuti temuan itu KPU pun langsung menggelar rapat pleno untuk melakukan kajian lebih mendalam. Selanjutnya dari hasil rapat pleno pihaknya mengeluarkan pemberitahuan kepada kandidat.

    “Rekomendasi Bawaslu seperti itu, agar dilakukan pemberhentian sementara selama tiga hari. Prinsipnya sesuai temuan Bawaslu dua kandidat ini melakukan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19,” katanya lagi.

    Baca juga:  PWKI Papua Barat Gelar Seminar Tingkatkan SDM Perempuan Kristen

    Protokol kesehatan merupakan syarat wajib yang harus dipatuhi baik kandidat maupun penyelenggara pada Pilkada yang digelar ditengah pandemi COVID-19 ini.

    Untuk pemungutan suara pada 9 Desember 2020 pun KPU telah menyiapkan protokol ketat agar tidak terjadi penularan COVID-19 dalam kegiatan Pilkada. Selain itu, hal ini untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih. (LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Ali Baham Intervensi Stunting di Kampung Sumber Boga, Temui Keluarga Bayi Kembar Tiga

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pejabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, bersama Satgas Stunting...

    Hermus Indou-Mugiono Raih Dukungan PPP di Pilkada Manokwari 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada petahana Bupati...

    Kejati Papua Barat Anjangsana Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin, didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan...