27.9 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Aktivis Desak Pemerintah Setop Impor Mi Instan ke Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Markus Maikel Fatem SH, aktivis NGO Papua Barat meminta pemerintah pusat dan organisasi perangkat daerah agar menghentikan impor mi instan di Papua Barat. Ia menilai mi instan impor berdampak negatif terhadap kesehatan manusia.

    “Setop impor dan memasukan mi instan dari dan ke Papua Barat. Ini pesan kami sebagai NGO di Papua Barat dalam peringatan hari ulang tahun hari hak asasi manusia dalam bidang agama yakni HUT Pekabaran Injil Tuhan di Tanah Peradaban Mansinam 5 Februari 2022,” tegas Markus dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, Selasa (22/2/2022).

    Baca juga:  Banyak Program OPD Tak Sejalan Hasil Reses, DPR PB Minta Sinkronisasi

    Markus menjelaskan, kementerian terkait perlu lebih protektif. Di antaranya membatasi perizinan kepada perseroan terbatas (PT) yang mengimpor bahan makanan pokok (bamapok) sejenis mi instan.

    Baca juga:  Kronologi Lengkap Kontak Tembak di Maybrat yang Sebabkan 1 Anggota TNI Gugur

    Ia juga mendesak BPOM Papua Barat untuk tidak memberikan izin penerimaan, pembelian dan penjualan kepada perusahan swasta yang mengedarkannya. Menurut Markus, ini sudah termasuk jalur perdagangan bebas yang perlu dievaluasi.

    Markus membeberkan pasca pengiriman dan penjualan pasokan bahan makanan pokok (bamapok) jenis mi instan dalam kemasan mengakibatkan sejumlah masalah negatif di beberapa wilayah di tanah Papua. Di antaranya jatuhnya korban jiwa akibat mengonsumsinya.

    Baca juga:  Wagub Lakotani Minta Kepala Daerah Mulai Terapkan SIPD

    “Ada info dari masyarakat yang makan mi instan mereka keracunan sehingga perlu tindakan observatif. Beberapa wilayah di Papua seperti di Kabupaten Asmat dan Mappi ada dua balita keracunan, di Papua Barat Maybrat dan Pegaf beberapa pekerja kuli bangunan. Sehingga kami berharap menghentikan pengirimannya,” tutupnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Daftar di Hanura, Hermus Berharap Hanura Tidak Pindah ke Lain Hati

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon kepala daerah Manokwari. Dihari pertama, Hermus Indou menjadi calon pertama...

    More like this

    Pj Sekda PB Ultimatum Kepala OPD yang Telat Laporkan Paket Pekerjaan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Sekda Provinsi Papua Barat Yacob Fonataba mengeluhkan sikap para pimpinan OPD...

    Pj Sekda PB Tegaskan tak Ada Lagi Penambahan Honorer Mulai Tahun ini

    MANOKWARI, linkpapua.com - Pj Sekda Provinsi Papua Barat Yacob Fonataba mengatakan, tak ada lagi...

    Seleksi Terbuka 19 Jabatan Eselon II Pemprov Papua Barat Resmi Dibuka

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat resmi membuka pendaftaran seleksi terbuka calon pejabat eselon dua....