26.7 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Kumpulkan Kadistrik dan Lurah, Ini Arahan Bupati Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kepala distrik dan lurah se-Manokwari mengikuti pembekalan bidang pemerintahan, Senin (10/1/2022). Pada kesempatan ini, Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyampaikan sejumlah arahan penting.

    “Kepala distrik, kepala kelurahan, hingga kepala kampung harus satu koneksi dengan kepala daerah. Ini penting untuk memberikan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat yang berkualitas,” tegas Hermus.

    Menurutnya, sebagian daerah sudah menunjukkan keberhasilan program yang inovatif sejak otonomi daerah digulirkan. Akan tetapi, masih ada pemda yang juga menghadapi persoalan pemenuhan kesejahteraan masyarakat.

    Baca juga:  Upacara HUT Kemerdekaan RI Tingkat Papua Barat, Tiga Kabupaten Dapat Penghargaan

    “Semua ini terkait fungsi dan tata kelola serta tanggung jawab institusi,” ujar Hermus.

    Dia juga mengatakan, kepala distrik dan lurah harus memahami konsep dasar pemerintahan. Sebab, dua komponen inilah yang bersentuhan langsung dengan kepentingan publik.

    Baca juga:  Terkendala Regulasi, 3 Pemain Muda Perseman tak Bisa Turun di Liga 3

    “Kepala distrik dan kepala kelurahan harus mampu mengenali setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Manokwari harus menjadi contoh pembangunan daerah lain di Papua Barat. Namun untuk menuju ke sana butuh manajemen pemerintahan dan kepemimpinan yang kuat,” bebernya.

    Dikatakan Hermus, tidak mungkin semua permasalahan bisa diselesaikan oleh kepala daerah. Kepala daerah butuh dukungan dari berbagai stakeholder. Di situlah menurutnya, peran kepala distrik dan lurah.

    Baca juga:  OPD Pemkab Manokwari Usul Sejumlah Raperda, Ada Soal Lapangan Kerja

    “Yang terpenting juga bagaimana bisa menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Kepala distrik dan lurah punya peran sentral di sini,” tegas Hermus.

    Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, juga berpesan agar para kepala distrik dan lurah dapat selalu hadir di tengah masyarakat. (LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola Hidup Sehat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To...

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan...

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...