26.5 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Maksimalkan PAD, Bapemperda DPRD Bintuni akan Gelar Kajian Revitalisasi PAD

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com — Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Teluk Bintuni belum terkelola dengan baik. Berbagai kebijakan dan regulasi yang telah diterbitkan belum menjawab persoalan PAD.

    Berdasar kondisi ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Teluk Bintuni segera mengagendakan kegiatan sosialisasi dan kajian Perda untuk merevitalisasi PAD.

    Menurut Ketua Bapemperda, Topan Sarungallo, saat ini pelaksanaan dan penegakan Perda belum berjalan maksimal sehingga diperlukan sosialisasi.

    Baca juga:  25 Personel Polres Teluk Bintuni Naik Pangkat, 7 Terima Penghargaan

    “Dalam pengembangan roadmap legislasi daerah dalam percepatan ekonomi lokal, ini sangat penting sekali, karena kami melihat selama ini ada beberapa OPD yang masih pasif atau belum maksimal mengali potensi PAD,” kata Topan, Kamis (27/5/2021).

    Menurutnya, selama DPRD, Legislator PDI Perjuangan ini menilai beberapa tidak mampu menerjemahkan visi misi bupati terutama dalam hal memaksimalkan potensi PAD.

    Baca juga:  HUT Lalu Lintas Bhayangkara, Polres Teluk Bintuni Ajak Masyarakat Tingkatkan Ketertiban Berlalu Lintas

    “Kalau kita bisa menerjemahkan visi dan misi bupati, produktif dan berdaya saing, karena tidak mungkin bisa berdaya saing kalau tidak produktif, makanya harus produktif dulu supaya bisa berdaya saing,” ungkap Topan.

    Lebih lanjut dikatakan Topan, kegiatan kajian revitalisasi PAD dalam rangka pengembangan roadmap legislasi daerah.

    “Kita akan mengkaji dan mengevaluasi beberapa Perda yang sudah ditetapkan kemarin dan yang sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang,” tambahnya.

    Baca juga:  Polres Bintuni Ringkus 2 Wanita Pelaku Penipuan Online, Gasak Rp203 Juta

    Dia mencontohkan, menyangkut retribusi yang sudah tidak relevan akan dievaluasi bersama-sama dengan PPHD, bagian hukum dan DPRD.

    “Mudah-mudahan kedepan pemerintah daerah melalui OPD terkait bisa meningkatkan ekonomi lokal, serta Kepala Kampung melihat potensi lokal di desanya masing-masing, agar bisa dikelola dengan baik, serta pemerintah daerah dan DPRD mempunyai perhatian terhadap ekonomi lokal,” kunci Topan. (LP5/red)

    Latest articles

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    0
    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai, menggelar malam kreativitas di Waisai, Sabtu (27/4/2024). Ajang ini menjadi momen...

    More like this

    Kunker Bupati Petrus Kasihiw ke Beberapa Lokasi: Perkuat Infrastruktur dan Ekonomi Lokal

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT., melakukan kunjungan kerja yang bertujuan...

    Tanggapi Aksi Pemalangan oleh Pencaker, Bupati Kasihiw: Stop Bikin Gerakan Tambahan!

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Dr. Ir. Petrus Kasihiw MT, memberikan tanggapan terkait...

    Bupati Petrus Kasihiw Dukung Perayaan HUT Pattimura di Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw melakukan pertemuan dengan panitia HUT Pattimura...