27.9 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Asisten II Setda Teluk Bintuni Ajak Masyarakat Bumikan Nilai-nilai Pancasila

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni menggelar upacara, Senin (3/6/2024), di Kantor Bupati, SP 3, Distrik Manimeri.

    Upacara dipimpin Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Teluk Bintuni, IB Putu Suratna, dengan komandan upacara Alberth Pekambani. Upacara diikuti berbagai kesatuan, seperti Brigif 26/GP, Yonif 763/SBA, Kodim 1806/TB, Polres Teluk Bintuni, Brimob Teluk Bintuni, serta PNS dan honorer Pemkab Teluk Bintuni.

    Suratna menekankan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Soerkarno, presiden pertama Indonesia sekaligus proklamator kemerdekaan dan bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada 1945 di depan sidang BPUPK.

    Baca juga:  Harkitnas, Plt Sekda Teluk Bintuni: Dua Dekade Krusial Menuju Indonesia Maju

    “Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini menunjukkan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujarnya.

    Dia menyampaikan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

    Baca juga:  Stunting-Miskin Ekstrem di PB Masih Tinggi, Waterpauw: Kita Bentuk Satgas

    “Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” lanjutnya.

    Dalam momentum bersejarah ini, Suratna mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    Dia juga menegaskan bahwa Pancasila sebagai meja statis mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan sejarah, serta sebagai leitstar dinamis yang membawa Indonesia menuju kemajuan di era globalisasi teknologi dan informasi.

    “Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” kata Putu.

    Baca juga:  Gerindra Teluk Bintuni Suarakan Pemilu Damai: Jangan Ada Hoaks-Ujaran Kebencian

    Dia juga menekankan pentingnya keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

    Mengakhiri pidatonya, Suratna mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

    “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tuturnya.(LP5/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...