26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Wabup Manokwari: Kita Harus Beralih dari Merusak Planet Menjadi Menyembuhkannya

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com — Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, mengingatkan ancaman krisis global yang kian mengkhawatirkan. Menurut Edi, saat ini bumi menghadapi tiga krisis utama.

    Hal ini diungkapkan Edi saat menghadiri jalan santai dan launching Festival Tanaman Hias pertama, Minggu (5/6/2022). Kegiatan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Manokwari l ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tanggal 5 Juni 2022.

    Perserta gerak jalan santai dilepas di depan Polsek Kota. Sementara launching Festival Tanaman Hias Pertama di samping trafficlight Haji Bauw oleh Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo,

    Dalam sambutannya, Edi mengatakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

    Baca juga:  2 Tahun Minus, Laju Ekonomi Papua Barat Ditarget 5,5% di 2023

    Hari lingkungan hidup sedunia tahun 2022 mengusung tema  “Only One Earth” (Sustainable In Harmony With Nature). Melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ditetapkan tema peringatan yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan.

    Edi mengungkapkan, saat ini bumi menghadapi tiga krisis. Pertama, iklim memanas terlalu cepat bagi manusia dan alam. Kedua, hilangnya habitat dan tekanan lainnya yang berarti sekitar 1 juta spesies  terancam punah. Ketiga, polusi terus meracuni udara tanah dan air.

    Baca juga:  Wabup Edi Budoyo Lepas 500 Peserta Maraton 10 K HUT Kota Manokwari

    Sehingga jalan keluar dari dilema ini diharapkan mengubah ekonomi dan masyarakat kita menjadi inklusif,  adil,  dan lebih terhubung dengan alam.

    “Kita harus beralih dari merusak planet ini menjadi menyembuhkannya” urainya.

    Edi menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta siap mendukung seluruh aktivitas yang dilakukan komunitas tanaman hias Papua Barat dan seluruh komponennya. Hal ini dalam rangka  menyukseskan pelaksanaan Festival Tanaman Hias 1 yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-18 Juni 2022 yang dipusatkan di ex kantor bupati Manokwari.

    Wabup berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Manokwari dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Manokwari. Edi mengajak semua pihak yang ada di atas tanah Arfak dan bumi Cendrawasih sebagai titipan yang wajib dinikmati oleh generasi selanjutnya secara baik.

    Baca juga:  Terima 81 Jemaah, Wakil Bupati Manokwari Pesan Jaga Kemambruran Haji

    “Semoga pelaksanaan festival ini dapat berjalan lancar dan sukses serta bermanfaat untuk seluruh warga masyarakat Manokwari.Selamat memperingati hari lingkungan Hidup Sedunia” pungkas Budoyo mengakhirinya sambutannya.

    Kegiatan ini sendiri melibatkan Komunitas Pecinta Tanaman Hias Papua Barat dan Koperasi Produsen Pengelolah Sampah Kabupaten Manokwari. Jalan santai dan Launching Festival  Tanaman Hias Pertama ditandai dengan pelepasan balon oleh Edi Budoyo.  (LP8/red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...