Rabu, Desember 7, 2022
25.4 C
Manokwari
25.4 C
Manokwari
Rabu, Desember 7, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Upacara Hari Pahlawan, Bupati Teluk Bintuni Bacakan Amanat Mensos RI

TELUK BINTUNI, Linkpapua.com – Upaya Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Teluk Bintuni berlangsung di Lapangan Perkantoran SP 3, Distrik Manimeri, Kamis (10/11/2022). Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, yang jadi inspektur upacara membacakan amanat seragam Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan. Penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” kata Kasihiw.

Kasihiw mengatakan, dengan hanya berbekal bambu runcing para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara.

“Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap. Tidak akan mau menyerah pada siapa pun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapa pun. Melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Hari inipun, lanjut Kasihiw, bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan, energi, dan air bersih, kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

Baca juga:  Mobil Angkutan Perdesaan Ditarik Diler, Dishub Teluk Bintuni: Itu Urusan Pihak Ketiga
Baca juga:  Kadishub Bintuni Hentikan Bus AMB, Kasihiw Meradang: Jangan Asal

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa Pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka,” serunya.

Oleh karena para pahlawan telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan beragam nilai untuk ditiru. “Kita warisi dan kita ikuti sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” ucapnya.

Kasihiw melanjutkan, ke depan tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta. “Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan,” ujarnya.

Dengan momentum peringatan Hari Pahlawan, kata Kasihiw, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya.

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Selamat Hari Pahlawan,” tutupnya. (LP5/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here