26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Susul Direktur PT FBP Cabang Bintuni, Kejari Tahan Dua Tersangka Kasus Tipikor Pasar Babo

    Published on

    TELUK BINTUNI, Linkpapua.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Teluk Bintuni, Kamis (13/10/2022), kembali menahan tersangka atas kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pembangunan Pasar Rakyat Babo di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, pada Dinas Perindagkop dan UKM Teluk Bintuni tahun anggaran 2018.

    Dua tersangka yang ditahan adalah MJ dan TR. MJ adalah pejabat pembuat komitmen (PPK), sedangkan TR sebagai pejabat penanda tangan surat perintah membayar (PPSPSM). Sebelumnya, Selasa (11/10/2022), Kejari lebih dahulu menahan tersangka MS yang merupakan Direktur PT FBP Cabang Bintuni.

    Baca juga:  Mendag Lutfi: WTO Harus Jadi Bagian Solusi Krisis Global

    Ketiganya telah ditetapkan tersangka pada 27 Juni 2022 dari surat hasil laporan BPKP Nomor: SM.123/PB 27/5/2022 tanggal 27 April 2022 perihal laporan hasil audit adanya pekerjaan yang tidak sesuai antara fisik di lapangan dengan kontrak atas pekerjaan pembangunan Pasar Rakyat Babo. Kerugian negara mencapai Rp3,035 miliar.

    Baca juga:  Begini Upaya LP Manokwari Bujuk Tahanan Kabur agar Serahkan Diri

    “Pemeriksaan dilakukan selama lima jam, sejak jam 10.00 sampai jam 15.00 WIT. Setelah selesai pemeriksaan penyidik Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni langsung melakukan penahanan terhadap tersangka MJ dan TR selama 20 hari sejak tanggal 13 Oktober 2022 sampai 1 November 2022 di Rutan Kelas II B Bintuni,” kata Kepala Kejari Teluk Bintuni, Johny A. Zebua, di ruang kerjanya, Kamis (13/10/2022) malam.

    Baca juga:  Kerja Cepat Pantau Pasar, Mendag Zulhas: Kita Ingin Pedagang dan Pembeli Bahagia

    Johny mengungkapkan, pihaknya masih menunggu satu lagi tersangka lagi, yakni JB, yang telah dilayangkan surat pemanggilan untuk menjalani pemeriksaan. JB saat ini berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

    “Jika surat yang kami layangkan tidak diindahkan, kami akan lakukan upaya jemput paksa terhadap tersangka JB di Makassar,” tegasnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis...

    Lagi, Polres Teluk Bintuni Panen Raya di Kebun Bhayangkari 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Kapolres Teluk Bintuni AKBP Choiruddin Wachid menghadiri panen raya jagung di kebun Bhayangkari...

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...