26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Raja Gowa Sematkan Tanda Kehormatan Kerajaan kepada Bupati Manokwari dan Kepala Suku Besar Arfak

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang, hadir di tengah-tengah warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang bermukim di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

    Kehadiran Andi Kumala dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Pilar Gowa Kabupaten Manokwari yang pertama, Minggu (29/1/2023).

    Dalam kesempatan itu, Andi Kumala menyematkan tanda kehormatan kerajaan kepada Dominggus Mandacan selaku Kepala Suku Besar Arfak dan Hermus Indou selaku Bupati Manokwari.

    Andi Kumala mengaku seumur hidupnya ini adalah kali pertama dirinya menginjakkan kaki di tanah Papua. “Umur saya sudah 62 tahun, baru pertama kali menginjak kaki di tanah Papua. Ini berkat keluarga besar pilar kerukunan warga Gowa di Manokwari,” ujarnya.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Serahkan Hewan Kurban untuk Masjid Ridwanul Bahri

    Pada kesempatan ini, Andi Kumala mengundang Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan, ke Gowa untuk menghadiri haul Sultan Hasanuddin yang digelar pada pertengahan 2023 nanti.

    “Saya mengundang Bapak Kepala Suku Besar Arfak untuk menghadiri haul raja-raja kami, Sultan Hasanuddin. Ini sebagai bentuk rasa persaudaraan,” katanya.

    Dia pun berpesan kepada warga Gowa yang ada di perantauan tanah Papua, khususnya Manokwari, agar membantu pemerintah dan masyarakat membangun daerah.

    Baca juga:  Resmikan Gedung Baru GKI Sion Sibena, Dominggus Sebut Anugerah dari Tuhan

    Sementara, Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan, menyebut Pilar Gowa maupun Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) yang hidup di Papua Barat sudah merupakan warga Papua.

    “Mereka hidup di kota, di pegunungan, dan lembah-lembah di tanah kami, bersama dengan kami membangun Daerah kami,” ucapnya.

    Dominggus berharap warga Gowa di Papua Barat agar menjaga persatuan dan kesatuan, kerukunan antara umat beragama, lebih khusus di tanah Arfak.

    Sementara, Bupati Manokwari, Hermus Indou, yang turut hadir pada kesempatan ini menegaskan bahwa Manokwari sebagai kota peradaban orang Papua merupakan rumah bersama. di dalamnya tidak hanya warga asli Papua, tetapi juga warga nusantara yang telah hidup lama lalu membangun.

    Baca juga:  Genting Oil Ltd. Komitmen Perbaiki Akses Jalan dan Dongkrak Ekonomi Sumuri Teluk Bintuni

    “Kami sadari bahwa warga nusantara termasuk kerukunan keluarga Sulawesi Selatan di daerah ini turut berkontribusi membangun daerah ini, memanusiakan manusia Papua,” tuturnya.

    Jopari Artate, sesepuh Pilar Gowa di Manokwari, mengatakan kehadiran Raja Gowa di Manokwari merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri.

    “Dalam hajatan seperti ini di Gowa, belum tentu kami bisa menghadirkan beliau Bapak Raja. Ini sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami, terutama warga Gowa,” akunya. (*/red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    Diajak ke Kebun, IRT di Manokwari Ditembak Suami

    MANOKWARI, linkpapua.com- Seorang ibu rumah tangga (IRT) Manokwari bernama Nely Saori (49) ditembak saat...

    Lepas 85 Mahasiswa KKN, Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari Ingatkan Jaga Nama Institusi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- STKIP Muhammadiyah Manokwari melepas 85 mahasiswa yang akan melakukan KKN di 8...