26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    UKW Angkatan I Sukses, PWI Teluk Bintuni Tambah Jumlah Wartawan Kompeten

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Sepuluh wartawan di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, berhasil meraih kelulusan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan I yang diselenggarakan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teluk Bintuni.

    Dari 10 peserta ujian, 6 wartawan berhasil mencapai tingkat kompetensi sebagai Wartawan Madya, sementara 4 lainnya lulus sebagai Wartawan Muda. Proses ujian ini berlangsung selama dua hari sejak Senin (17/7/2023) dengan hasil resmi diumumkan Selasa (18/7/2023).

    M. Iqbal Irsyad, salah satu penguji dari PWI Pusat, menyatakan para wartawan Bintuni yang lulus uji kompetensi ini telah menambah jumlah total wartawan yang terlisensi dan kompeten menjadi 16.984 orang, dari total 714 kali pelaksanaan ujian sebelumnya.

    Baca juga:  Sorong Selatan Dinyatakan Bebas Malaria, 3 Kabupaten Masih Endemis Tinggi

    “Ini adalah pelaksanaan UKW yang ke-714 oleh lembaga uji PWI. Selamat kepada teman-teman yang sudah dinyatakan lulus, teruslah belajar dan pahami Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas,” kata Iqbal.

    Ketua PWI Teluk Bintuni, Fidelis Wiran, yang juga merupakan salah satu wartawan yang lulus sebagai Wartawan Madya, menyampaikan terima kasihnya kepada para penguji atas kesabaran dan bimbingan selama dua hari dalam menghadapi ujian.

    Baca juga:  PWI Papua Barat Apresiasi Dukungan Pemkab Teluk Bintuni dalam Tingkatkan Kompetensi Wartawan

    “Selama dua hari ini kami mendapatkan ilmu yang sangat berharga. Meski sehari-hari kami ini sudah biasa melakukan liputan, tapi ketika menghadapi ujian ada rasa grogi juga,” kata Pedi, sapaan Ketua PWI Teluk Bintuni dua periode ini.

    Upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensi wartawan Teluk Bintuni dalam menjalankan tugas jurnalistik, PWI Teluk Bintuni berencana segera menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan wartawan.

    “Kami berencana untuk mengundang lagi para penguji ini guna memberikan materi pelatihan,” tambah Pedi.

    Baca juga:  Hermus Ajak Dukung Waterpauw: Beliau Aset Papua

    Sekretaris PWI Papua Barat, Jems Aisoki, yang menutup pelaksanaan UKW Angkatan I PWI Teluk Bintuni, menegaskan pentingnya profesionalitas dan integritas bagi para wartawan sebagai pelaku profesi yang menekankan aspek intelektualitas.

    “Ini satu langkah maju dari pengurus PWI Teluk Bintuni sejak organisasi ini di bentuk di Bintuni. Terima kasih teman-teman yang sudah menginisiasi pelaksanaan UKW karena kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakah dalam melaksanakan profesi sehari-hari, kita sudah kompeten,” ujar Jems. (LP5/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung...

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...