Rabu, Oktober 4, 2023
25.5 C
Manokwari
25.5 C
Manokwari
Rabu, Oktober 4, 2023

UKW Angkatan I Sukses, PWI Teluk Bintuni Tambah Jumlah Wartawan Kompeten

TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Sepuluh wartawan di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, berhasil meraih kelulusan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan I yang diselenggarakan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teluk Bintuni.

Dari 10 peserta ujian, 6 wartawan berhasil mencapai tingkat kompetensi sebagai Wartawan Madya, sementara 4 lainnya lulus sebagai Wartawan Muda. Proses ujian ini berlangsung selama dua hari sejak Senin (17/7/2023) dengan hasil resmi diumumkan Selasa (18/7/2023).

M. Iqbal Irsyad, salah satu penguji dari PWI Pusat, menyatakan para wartawan Bintuni yang lulus uji kompetensi ini telah menambah jumlah total wartawan yang terlisensi dan kompeten menjadi 16.984 orang, dari total 714 kali pelaksanaan ujian sebelumnya.

“Ini adalah pelaksanaan UKW yang ke-714 oleh lembaga uji PWI. Selamat kepada teman-teman yang sudah dinyatakan lulus, teruslah belajar dan pahami Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugas,” kata Iqbal.

Ketua PWI Teluk Bintuni, Fidelis Wiran, yang juga merupakan salah satu wartawan yang lulus sebagai Wartawan Madya, menyampaikan terima kasihnya kepada para penguji atas kesabaran dan bimbingan selama dua hari dalam menghadapi ujian.

Baca juga:  Ketua PWI Teluk Bintuni: Masyarakat Mesti Paham dan Hargai Tugas Jurnalis

“Selama dua hari ini kami mendapatkan ilmu yang sangat berharga. Meski sehari-hari kami ini sudah biasa melakukan liputan, tapi ketika menghadapi ujian ada rasa grogi juga,” kata Pedi, sapaan Ketua PWI Teluk Bintuni dua periode ini.

Baca juga:  Pengurus PWI Teluk Bintuni 2022-2025 Resmi Dilantik

Upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensi wartawan Teluk Bintuni dalam menjalankan tugas jurnalistik, PWI Teluk Bintuni berencana segera menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan wartawan.

“Kami berencana untuk mengundang lagi para penguji ini guna memberikan materi pelatihan,” tambah Pedi.

Sekretaris PWI Papua Barat, Jems Aisoki, yang menutup pelaksanaan UKW Angkatan I PWI Teluk Bintuni, menegaskan pentingnya profesionalitas dan integritas bagi para wartawan sebagai pelaku profesi yang menekankan aspek intelektualitas.

“Ini satu langkah maju dari pengurus PWI Teluk Bintuni sejak organisasi ini di bentuk di Bintuni. Terima kasih teman-teman yang sudah menginisiasi pelaksanaan UKW karena kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakah dalam melaksanakan profesi sehari-hari, kita sudah kompeten,”¬†ujar¬†Jems. (LP5/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here