26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Peringatan HUT Pattimura di Manokwari, Jadi Perekat Anak-anak Maluku

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Pattimura ke-205 diperingati secara meriah di Manokwari pada Senin (16/5/2022). Momentum ini diharapkan menjadi perekat anak-anak Maluku.

    Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan obor dari 3 tunggu Maluku yaitu Maluku Utara, Maluku Tenggara dan Maluku Tengah kepada sesepuh Maluku di Papua Barat, Dominggus Mandacan.

    Dominggus Mandacan mengapresiasi peran orang Maluku di tanah Papua. Dia mengungkapkan orang Maluku ada di mana-mana, tetapi tidak ke mana-mana.

    Baca juga:  Khafilah MTQ Manokwari Rebut 4 Tropi, Hermus Beri Apresiasi

    “Kobarkan terus semangat persatuan basudara. Manokwari ini untuk semua ras agama dan budaya. Perjuangan dan kepahlawanan Pattimura harus terus dikobarkan dan tertanam di masyarakat Maluku. Jangan lupakan sejarah perjuangan bangsa karena pedoman hidup Pattimura menjadi contoh generasi saat ini. Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam HUT Pattimura menjadi perekat dan tanda kebangkitan anak Maluku. Mari rapatkan barisan untuk mengharumkan nama negeri asal. Lawan egoisme dalam diri dengan menjaga kerukunan,” ujar Dominggus.

    Baca juga:  Harkonas 2022, Wamendag Dorong Konsumen Membeli Produk Dalam Negeri

    Sementara itu Bupati Manokwari Hermus Indou yang juga hadir mengatakan kehadiran orang Maluku di tanah Papua karena kehendak dam panggilan Tuhan.

    “Sikap heroik Pattimura dan kepahlawanannya dalam sejarah merupakan jati diri anak negeri untuk memperjuangkan kemerdekaan. HUT Pattimura menjadi simbol kebangkitan anak-anak Maluku untuk melakukan kerja nyata dan mendukung pemda dalam mensejahterakan masyarakat. Saya berpesan agar ke depan Maluku semakin solid dan bergerak maju bersama membangun Manokwari,” ungkap Hermus.

    Baca juga:  Konferensi Masyarakat Adat Papua, Sekjen Leonard Imbiri Minta Seluruh Pihak Mendukung

    Dalam peringatan HUT Pattimura ke 205 tahun ini mengusung tema Maluku Bangkit dan Bersatu. Sebelumnya juga telah digelar dialog yang diikuti oleh tokoh-tokoh Maluku dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Peringatan HUT Pattimura kali ini juga masyarakat Manokwari dihibur oleh artis asal Maluku.(LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...