26.4 C
Manokwari
Minggu, Juli 14, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Pendaftaran ulang bacalon Pegunungan Arfak dibuka 11-13 September

    Published on

    Manokwari-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, akan membuka pendaftaran ulang bakal calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada pada 11 hingga 13 September 2020.

    Komisioner KPU Pegunungan Arfak, Yosak Saroi di Manokwari, Selasa (8/9), menjelaskan pada tahap pendafataran 4-6 September lalu hanya ada satu peserta yang mendaftar yakni pasangan Yosias Saroi dan Marinus Mandacan.

    Petahana ini mendaftar ke KPU dengan memboyong hampir seluruh partai politik yang memiliki perwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

    Baca juga:  Kursi DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024 di Papua Barat: Manokwari Bertambah, Lainnya Tetap

    “Total ada 13 partai yang memiliki kursi di DPRD Pegunungan Arfak. Dari 13 partai itu ada dua partai yakni Gerindra dan Demokrat kita keluarkan dari daftar partai pengusung ke pendukung pasangan petahana karena pada saat pendaftar, tidak ada tanda tangan BKWK dan ketua partai tidak hadir,” kata Yosak.

    Terkait perpanjangan tahap pendaftaran, lanjut Yosak, sesuai petunjuk KPU Provinsi, pihaknya sudah mengeluarkan surat keputusan tentang penundaan pleno hingga tahap pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon.

    Baca juga:  Pj Gubernur PB Beri 'Alarm' 4 Daerah yang Alami Kenaikan Stunting Tinggi

    “Pemeriksaan kesehatan bakal calon seharusnya kita laksanakan pada 11 September, namun karena penundaan ini akhirnya kita undur pada 15 September,” ujarnya lagi.

    KPU, ujar Yosak, akan kembali melakukan sosialisasi tentang perpanjangan tahap pendaftaran itu.

    “Kita akan buka pendaftaran, kalau tidak ada lagi yang mendaftar maka satu bakal calon itu yang kita verifikasi dan lanjut ke tahap berikutnya,” ucapnya seraya mengatakan pasangan Yosias-Marinus bisa mendaftarkan ulang bisa juga tidak.

    Ia menambahkan, di DPRD Pegunungan Arfak terdapat 20 kursi. Kandidat yang mencalonkan diri minimal didukung empat kursi partai di DPRD.

    Baca juga:  Lantik 4 Ketua PKK, Juliana Mandacan Ingatkan Tantangan di Masa Pandemi

    “Di sana masih ada PSI dan PBB tapi tidak punya kursi di DPR, sedangkan Partai Berkarya tidak ada pengurusnya di Pegunungan Arfak,” katanya lagi.

    Pendaftaran bakal calon kandidat pada gelombang pertama berjalan lancar. Aparat Kepolisian mengawal dari awal hingga akhir.

    “Pendaftaran tanggal 11-13 September pun nanti akan dikawal ketat aparat keamanan. Kami terus berkoordinasi dengan aparat keamanan,” ujarnya lagi. (LPB1/red)

    Latest articles

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng Awards 2024. Dia juga mengaku bangga dengan para peraih penghargaan...

    More like this

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...

    Petani Papua Barat Keluhkan Pupuk Belum Tersalur, Terhambat Administrasi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus...

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...