25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Pemkab Wondama Hadirkan 3 Kapal Baru, Siap Layani Rute Antar Distrik

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com– Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor meresmikan tiga unit kapal penumpang jenis bus Roro (roll on-roll off) dan bus air, Sabtu (1/4/2023). Kapal ini akan melayani rute antar pulau dan antar distrik/kecamatan di Teluk Wondama.

    Peresmian kapal yang diberi nama KMP Aitumeri I, Aitumeiri II dan Aitumeiri III dilakukan dengan prosesi adat di dermaga Yembikiri, Distrik Rumberpon. Hadir dalam peresmian ini Wabup Teluk Wondama.

    ​“Kita membutuhkan fasilitas dan sarana prasarana untuk konektivitas antar pulau sehingga aktivitas masyarakat dan segala hasil produksi masyarakat boleh sampai ke kota karena nanti kita akan koneksikan dengan ASDP, kapal yang ada sekarang untuk keluar (keluar Wondama), “kata Mambor.

    Baca juga:  Alot! Sisa Pemkab Teluk Wondama Belum Teken NPHD Pilkada 2024

    ​Selain untuk moda transportasi antar wilayah, keberadaan tiga kapal itu juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi serta mendongkrak sektor pariwasata.

    ​“Supaya ekonomi bertumbuh, pariwisata terbuka,“ ucap Mambor.

    Kepala Dinas Perhubungan Wondama Aser Waroi mengatakan, pengadaan tiga kapal baru itu bertujuan memperlancar konektivitas antar wilayah sehingga bisa mempercepat kemajuan daerah hingga ke kampung terluar.

    “Sehingga harapan membangun dari kampung yang diinginkan bapak bupati itu bisa diwujudkan, “kata Aser.

    Baca juga:  Wabup Wondama Harap Rute Pelayaran Wasior-Baubau jadi Atensi PT Pelni

    Aser menambahkan, hadirnya tiga kapal itu menjadi jawaban atas kesulitan yang dialami masyarakat Teluk Wondama terutama yang tinggal di wilayah pesisir dan kepulauan yang jauh dari kota.

    “Arus barang, arus manusia pergi pulang itu bisa diperlancar dengan kapal ini. Juga untuk membangun pariwisata juga membangun ekonomi,“ lanjut eks Kepala Pelaksana BPBD itu.

    Dewan Adat Papua (DAP) daerah Wondama menyambut positif kebijakan Pemkab Teluk Wondama mendatangkan tiga kapal baru untuk menjangkau masyarakat di pesisir dan kepulauan yang selama ini sulit mendapatkan akses transportasi.

    Baca juga:  Wabup Wondama Pamer Prestasi: Pengangguran Turun, Tren IPM Naik

    “Ini untuk menyelamatkan manusia Papua yang ada di pesisir dan pulau-pulau. Ini wujud nyata kepedulian dari Pemda, “kata Wakil Ketua DAP Daerah Wondama Fredi Jhon Marani.

    Kapal penumpang jenis bus roro sebanyak dua unit memiliki kapasitas masing-masing 40 penumpang dan bisa memuat sebanyak 10 unit sepeda motor. Sementara satu unit bus air mampu mengangkut 20 penumpang.

    Ketiga kapal yang dibuat di Bangka Belitung diklaim dilengkapi teknologi navigasi modern serta kemampuan berlayar di laut dangkal sehingga cocok dengan karakteristik perairan di Teluk Wondama. (LP9/red) 

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...