25.5 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan diresmikan Juni 2024 nanti. Rencananya akan diresmikan langsung Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw.

    “Proses pekerjaan dermaga ASDP di Tofoi telah mencapai sekitar 99% dan direncanakan akan diresmikan pada 6 Juni 2024,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Teluk Bintuni, Saifuddin Kasim, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/5/2024).

    Namun, dia juga menyebutkan jadwal ini masih akan disesuaikan dengan ketersediaan waktu Bupati Kasihiw. Menurutnya, proyek ini adalah salah satu prioritas pemerintah daerah masa pemerintahan Petrus Kasihiw-Matret Kokop.

    Baca juga:  Kadis Ketahanan Pangan PB Beberkan Imbas Peralihan Anggaran: 4 Rumah Inovasi Gagal

    “Pembangunan dermaga Tofoi merupakan salah satu pilot project Bupati dan menjadi prioritas utama dalam pembangunan daerah,” katanya.

    Proyek ini juga mendapat pengawasan langsung dari Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni untuk memastikan seluruh proses berjalan sesuai prosedur.

    “Proses pembangunan dermaga ini berjalan sesuai prosedur dengan pendampingan langsung dari APH,” jelas Saifuddin.

    Setelah diresmikan, dermaga ASDP Tofoi akan menjadi sarana transportasi vital yang menghubungkan kawasan industri di Distrik Sumuri, Kampung Tofoi, Babo, dan Bintuni.

    Baca juga:  Jalan Sudah, Warga Moskona Timur Minta Internet dan Tambahan Guru

    Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas penduduk dan efisiensi distribusi barang serta jasa di wilayah tersebut, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

    Saifuddin menjelaskan pembangunan dermaga ini bersifat multiyears atau dilakukan dalam dua tahun anggaran. Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan infrastruktur transportasi.

    Menanggapi isu yang menyebut proyek ini sebagai pekerjaan mangkrak, Saifuddin menegaskan tuduhan hal itu tidak benar. “Pekerjaan ini terus berjalan hingga kini dan siap untuk diresmikan oleh Bupati Teluk Bintuni,” tegasnya.

    Baca juga:  Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu Teluk Bintuni Molor

    Selesainya mbangunan dermaga ASDP Tofoi diharapkan berdampak pada peningkatan signifikan dalam efisiensi transportasi di wilayah ini. Dermaga ini diharapkan tidak hanya menjadi fasilitas transportasi, tetapi juga katalisator bagi perkembangan ekonomi lokal dan regional.

    “Proyek ini merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik. Dengan segala persiapan yang matang, peresmian dermaga di bulan Juni diharapkan berjalan lancar dan segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” beber Saifuddin. (LP5/red)

    Latest articles

    Pemkab Manokwari Kurban 120 Ekor Sapi

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou menyerahkan bantuan hewan kurban Pemerintah kabupaten Manokwari sebanyak 120 ekor sapi untuk masyarakat. Secara simbolis hewan kurban diserahkan di...

    More like this

    Pemkab Manokwari Kurban 120 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou menyerahkan bantuan hewan kurban Pemerintah kabupaten Manokwari sebanyak 120...

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...