25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Ombudsman: Pelayanan Publik Pemkab Manokwari Makin Baik, Kini Zona Hijau

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Ombudsman Papua Barat menilai Pemkab Manokwari berhasil menaikkan indeks pelayanan publik dalam setahun terakhir. Organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersentuhan dengan publik menunjukkan kemajuan cukup baik.

    Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat Musa Y Sombuk saat menyerahkan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022, Senin (13/2/2023).

    Dikatakan Musa, berdasarkan penilaian, standar pelayanan, Pemkab Manokwari berada di urutan 38 dari 415 kabupaten se-Indonesia. Ada sejumlah kriteria ataupun proses output dan feedback terhadap pengaduan dari masyarakat.

    Baca juga:  Norman Tambunan Soroti Pimpinan OPD Pemkab Manokwari Minim Hadiri Agenda DPRD

    “Untuk Pemkab Manokwari ada sejumlah OPD yang menjadi penilaian yaitu OPD-OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Yaitu dinas catatan sipil, dinas pendidikan, dinas kesehatan, dinas PTSP dan dinas sosial. Memang dari dinas-dinas tersebut hanya dinas sosial yang masuk kategori menengah sehingga masih harus dilakukan pembenahan. Sedangkan 4 OPD lainnya masuk kategori level tinggi. Untuk capaian tahun ini Pemkab Manokwari mengalami lompatan prestasi, dari zona kuning ke zona hijau,” ujar Sombuk.

    Baca juga:  Piala Dunia 2022: Argentina ke Final!

    Dikatakannya, capaian tersebut bisa diraih berkat komitmen kepala daerah dalam peningkatan pelayanan ke masyarakat. Hanya saja kata Sombuk, butuh pembenahan di beberapa sektor agar pelayanan bisa lebih baik.

    Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan apa yang dicapai oleh Pemkab Manokwari tersebut merupakan bukti pelayanan prima kepada masyarakat. Ia menegaskan, semua OPD harus bergerak meningkatkan kinerja agar hasil lebih baik bisa diraih di tahun mendatang.

    Baca juga:  Soal 4 Distrik di Tambrauw, Kemendagri Akan Bentuk Tim Rekonsiliasi

    “Penghargaan ini menjadi kepuasaan karena apa yang dikerjakan selama ini tidak sia-sia karena ada layanan yang kita berikan kepada masyarakat. OPD yang mendapat penghargaan tentunya harus menunjukan dengan kinerja yang baik,” ungkap Hermus.(LP3/Red)

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...