28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Mengenal Dianawaty Teknisi Perempuan di Tangguh LNG: Pejuang Gender

    Published on

    JAKARTA,linkpapua.com– Dianawaty, Completion Engineer di Tangguh LNG adalah satu dari segelintir perempuan yang menggeluti pekerjaan sebagai teknisi. Namun lewat profesi ini ia membuktikan bahwa gender bukan penghalang.

    “Di Bp, kami percaya bahwa tempat bekerja haruslah menjadi tempat di mana semua orang memiliki kesempatan yang setara dan diperlakukan secara adil sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Hal ini termasuk juga dengan kesetaraan gender, di manapun kami beroperasi,” ujar Dianawaty.

    Kata Dianawaty, dengan semangat perbaikan kesetaraan gender ini, bp, melalui Business Resources Group (BRG) mengembangkan bpWIN (Women’s Interest Network) yang dibentuk dan dipimpin oleh karyawan sebagai wadah untuk mendukung agenda keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (Diversity, Equity & Inclusion atau DE&I).

    Baca juga:  Tiga Bulan ke Depan, BP Indonesia akan Pulangkan 12.000 Pekerja dari Teluk Bintuni

    Selain upaya kolektif melalui bpWIN, bp juga melibatkan insinyur perempuan yang berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam industri energi.

    Dianawaty adalah arsitek sumur yang bertugas untuk memastikan kelancaran aliran hidrokarbon dari sumur-sumur yang telah dibor. Mereka bekerja secara kolaboratif dengan tim insinyur lainnya untuk menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan sumur-sumur tersebut.

    Ketika ditanya tentang apa yang disukainya dari pekerjaannya, Dianawaty menyebutkan pengalamannya bekerja langsung di lokasi, termasuk saat melakukan perbaikan sumur pertamanya dan mempelajari operasi penyelesaian di lepas pantai.

    “Keindahan menjadi insinyur muda di bp adalah kesempatan yang diberikan perusahaan untuk memperkuat dan membimbing para talenta muda untuk memimpin”, terang Dianawaty.

    Baca juga:  Tiba di Teluk Bintuni, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Pabrik Ikan Kaleng hingga Tugu Peradaban Islam

    Dalam hal inklusi, Dianawaty mengungkapkan bahwa inklusi adalah tentang memberikan rasa hormat kepada sesama dan mendukung serta menghargai orang-orang di sekitar kita. Dia menekankan pentingnya mendengarkan secara aktif, tidak memotong saat orang lain mengungkapkan pendapatnya, dan memberikan dukungan penuh setelah mereka selesai berbicara.

    bpWIN dan contoh nyata kiprah wanita tangguh seperti Dianawaty hadir untuk mendukung bp mewujudkan agenda DE&I dengan menyoroti hambatan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia dalam mencapai potensinya demi menciptakan perubahan positif.

    Di Indonesia, bpWIN didirikan di dua tempat, yaitu bpWIN Jakarta dan Tangguh, yang masing-masing menyesuaikan dengan budaya di wilayah masing-masing untuk memudahkan komunikasi dan proses interaksi.

    Meskipun berbeda lokasi, baik bpWIN Jakarta maupun Tangguh saling terhubung melalui program-program dan diskusi rutin karena keduanya mengemban misi yang sama. Kegiatan yang dilakukan oleh bpWIN di Indonesia mencakup peringatan Hari Perempuan Sedunia dan Hari Kartini, International Women in Engineering Day, kelas peningkatan keterampilan, serta obrolan santai dengan pemimpin dan tokoh inspiratif.

    Baca juga:  Kolaborasi Unipa-SKK Migas Berlanjut, Diharap Lahirkan Softskill di Kampus

    Melalui inisiatif seperti bpWIN dan semangat kepemimpinan seperti yang ditunjukkan oleh Dianawaty, bp memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memimpin dan berkembang dalam karier mereka.

    Hal ini bukan hanya untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif, tetapi juga membuka pintu bagi perempuan lainnya untuk mengejar impian mereka dan mencapai kesuksesan yang sama di berbagai bidang industri, termasuk industri migas. (Rls/red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...