28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Makin Sadar Tertib Lalu Lintas, Warga Antusias Urus SIM di Polres Teluk Bintuni

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com- Operasi Patuh Mansinam oleh Satlantas Polres Teluk Bintuni terbukti meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

    Itu terlihat dari peningkatan yang cukup signifikan antusias warga dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM), baik SIM A, B, C, maupun B1 dan B2.

    Hal ini seperti disampaikan Kasatlantas Polres Teluk Bintuni, Ipda Pasha Aditya Nugraha, saat ditemui di Mapolres Teluk Bintuni, Selasa (12/10/21).

    Baca juga:  KPU Manokwari Ingatkan Parpol Segera Sampaikan LADK

    “Saat ini untuk registrasi pembuatan SIM yang dilayani oleh Satlantas mencapai 30 kartu bahkan lebih, padahal sebelumnya paling banyak hanya 15 hingga 17 orang saja,” tutur Pasha.

    Diungkapkannya, untuk registrasi pembuatan SIM sendiri belakangan ini didominasi oleh SIM A dan SIM C, lalu untuk SIM B1 dan B2 masih dalam taraf normal.

    Pasha pun menyampaikan syarat-syarat kepada warga yang ingin mengurus SIM. Syarat-syarat itu adalah kesehatan, KTP, lulus uji teori dan uji praktik, serta biaya pendaftaran sesuai yang telah termaktub dalam aturan penghasilan negara bukan pajak (PNBP).

    Baca juga:  Jelang Kedatangan Presiden Jokowi di Bintuni, TNI-Polri Kerahkan 600 Personel

    “Bagi masyarakat yang belum memiliki SIM silakan datang tanpa diwakilkan, sisanya tertera berapa biaya untuk pembuatan SIM, untuk SIM C Rp100 ribu, SIM A Rp120 ribu,” ungkapnya.

    Pasha melanjutkan, untuk SIM B1 umum dan SIM B2 umum, ada tambahan berupa klinik pengemudi (klipeng) sebagai syarat standar uji kelulusan, surat keterangan uji keterampilan pengemudi (SKUKP).

    Baca juga:  Pemprov Papua Terbitkan Surat Edaran Terkait Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022

    “Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti untuk proses pembuatan SIM. Hanya 4 hingga 5 minggu yang lalu, kita ada mengalami sedikit kendala, karena adanya perbaikan server dari pusat di beberapa wilayah di Papua Barat sehingga ada kendala berkaitan dengan percetakan SIM kala itu,” tutupnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...