26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Lepas Ekspor Kakao Ransiki ke Eropa, Pj Sekda PB: Kita Punya Daya Saing

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw diwakili  Penjabat Sekda Papua Barat Yakob S Fonataba melepas ekspor 5 ton kakao Ransiki ke Eropa. Pelepasan berlangsung di Pelabuhan Manokwari, Selasa ( 19/09/2023).

    Yakob S Fonataba mengaku sangat mengapresiasi semangat yang terbangun antara PT. Eibier Suth Cokran-Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP), dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan ( TPHBUN ) Provinsi Papua Barat dalam mendorong produksi, mutu dan daya saing kakao Ransiki. Menurutnya, ekspor komoditas Ransiki ini menunjukkan daya saing daerah di pasar internasional.

    “Hari ini kita akan melepas ekspor biji kakao sebanyak 5 ton yang nantinya melalui pelabuhan Surabaya. Selanjutnya diangkut ke Buyer Kakao Ransiki di Belanda,” terang Yacob.

    Baca juga:  Dance Sangkek Minta Masyarakat Dukung Uji Kompetensi yang Dilakukan Pj Gubernur PB

    Ia menjelaskan, kakao Ransiki akan didistribusikan ke beberapa perusahaan produk coklat terkenal di Eropa. Di antaranya Cocolat Chapon dan Plaq di Perancis, Taucherli dan Halba Cocolat di Switzerland serta Cacava di Rusia dan Dandelion Chocolate di USA.

    Yacob mengatakan, kakao Ransiki telah menembus pasar Eropa. Namun ia meminta agar ada peningkatakan volume ekspor dengan jumlah pendapatan yang signifikan.

    Baca juga:  Ali Baham Bicara Filosofi Membangun dari Era Gubernur Bram, Dominggus hingga Waterpauw
    Dok. Tim Pj Gubernur Papua Barat

    “Bagi semua instansi terkait, OPD maupun Instansi vertikal serta mitra pembangunan harus dapat bersinergi secara optimal dan bekerja fokus dengan target outcome dengan manfaat yang jelas dan terukur,”ungkap Pj. Sekda Fonataba.

    Sementara itu, Kepala Balai Standarisasi Instrumen Pertanian provinsi Papua Barat Aser Rouw, dalam kesempatan itu mengatakan, kakao Ransiki yang diekspor merupakan biji kakao premium yaitu memiliki standar nasional.

    “Ekspor 5 ton ini merupakan biji Kakao premium yaitu memiliki standar nasional. Dalam setahun 3 kali kita ekspor dengan 1 kali puncak musim besar. Kami juga melibatkan petani milenieal, bagaimana menggerakan mereka dari hulu sampai ke hilir. Jadi anak-anak muda ini mau bertanam tapi juga mau berproduksi,” jelasnya.

    Baca juga:  Bupati Manokwari-Pangkep Sepakat BPW Kompak Harus Beriringan dengan Pemerintah

    Dalam kesempatan itu, Pj. Sekda Papua Barat juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis bibit kakao kepada pihak PT. Eibeir Suth Cokran. Selain itu, bibit pohon kopi kepada petani mienial kabupaten Pegunungan Arfak.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat, pimpinan BUMN-BUMD, Forkopimda Papua Barat, para pimpinan OPD terkait lingkup pempprov Papua Barat serta tamu undangan lainnya. (*/red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Yo Join Terima Rekomendasi Perindo Maju Pilkada Teluk Bintuni 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Yohanis Manibuy (Anisto) dan...

    Tahapan Seleksi Anggota DPRK Teluk Bintuni Disahkan, Bakal Calon Sudah Bisa Mendaftar

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Panitia seleksi calon anggota DPRK Teluk Bintuni resmi menetapkan jadwal dan mekanisme...

    Deklarasi Pilkada 2024 Pegaf Diwarnai Aksi Pekik ‘Papua Merdeka’, ini Respons Polisi

    PEGAF, linkpapua.com- Deklarasi Pilkada 2024 diwarnai aksi pekikan Papua Merdeka oleh seorang pria. Aksi...