25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Lebih Akuntabel – Simpel, Bintuni Siap Terapkan Aplikasi SIMDA FMIS

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com- BPKP Papua Barat memperkenalkan aplikasi SIMDA Financial Management Information System (FMIS) di jajaran Pemkab Teluk Bintuni. Aplikasi pengelolaan keuangan berbasis web ini lebih akuntabel dan simpel.

    Pengenalan teknis FMIS dilakukan, Senin (25/4/2022). Sosialisasi diikuti oleh pimpinan OPD dan bendahara di lingkup pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni.

    Pengendali Teknis BPKP Ahmad Suprianto mengatakan, dengan penggunaan SIMDA FMIS akuntabilitas pengelolaan keuangan akan lebih transparan dan mudah. Penatausahaan APBD juga memungkinkan akan lebih tepat waktu.

    pada Kabupaten teluk Bintuni kepada perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

    “Untuk penatausahaannya akan menggunakan FMIS sedangkan untuk proses migrasi ataupun ekspor data APBD akan dilaksanakan melalui aplikasi FMIS oleh perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Dalam hal ini kita juga ikut mengawal. Ekspor data tetap akan mengacu pada perda,” jelasnya.

    Baca juga:  Sesepuh PPP Ingatkan Beratnya Perjuangan di Pemilu 2024

    Aplikasi ini pada prinsipnya tidak ada perbedaan. Akan disesuaikan dengan adanya perubahan peraturan yang berlaku pada khususnya adalah Permendagri Nomor 77 tahun 2020 yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya.

    “FMIS ini sangat mudah menggunakannya. Mulai dari perencanaan pemerintah daerah kemudian anggaran pemerintah daerah dan kemudian ke penatausahaan, juga pengeluaran dan pelaporan, sangat jelas dan lebih mudah” tutup ahmad

    Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop mengatakan Aplikasi SIMDA merupakan aplikasi yang sudah akrab dengan bidang keuangan daerah. Karena SIMDA sendiri sudah dibangun oleh BPKP sejak tahun 2003 dan digunakan secara masif oleh pemda seluruh Indonesia.

    “Selain sebagai alat untuk mengawal akuntabilitas dan mempermudah proses pengelolaan keuangan pemerintah daerah mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan, selama ini SIMDA juga digunakan antara lain untuk pertukaran data antara lain dengan pihak perbankan, Kementerian Keuangan dan LKPP,” jelas Matret.

    Baca juga:  Polisi Terjunkan 70 Personel, Massa Buka Blokade Jalur Masuk Pertamina

    Adapun aplikasi SIMDA Next G atau yang dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS) merupakan produk dari perubahan regulasi. Sistem ini menuntut SIMDA untuk melakukan penyesuaian dan perubahan menjadi aplikasi berbasis web yang memungkinkan untuk berbagi-pakai infrastruktur dan berbagi data.

    “Aplikasi ini sendiri baru saja dirilis tahun 2021 lalu sehingga di kabupaten ini dipandang perlu untuk dilakukan pengenalan dan bimbingan teknis agar lebih mempermudah pemahaman dan tata cara penginputannya” kata wabup

    Dalam rangka memperkenalkan aplikasi SIMDA Next-G Berbasis Web atau yang lebih dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS), BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMDA berbasis Web.

    Baca juga:  Jelang FIFA Matchday, Timnas Indonesia Fokus Penguatan Otot dan Fisik

    “Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyosialisasikan serta melatih tata cara input data anggaran pada aplikasi SIMDA Next-G berbasis Web atau Financial Management Information System (FMIS),” paparnya.

    Selain itu, tujuan utama dari penyelenggaraan bimtek ini adalah sebagai sarana alih pengetahuan dan implementasi modul FMIS yang sudah dikembangkan oleh BPKP dan diterapkan di sejumlah daerah. Sehingga diharapkan dapat diterapkan dengan baik juga di Teluk Bintuni sesuai kebutuhan pemerintah daerah.

    “Mengusahakan manajemen keuangan daerah yang akuntabel merupakan salah satu usaha kita bersama dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing” tutup Wabup. (LP5/red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...