25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Kuasa Hukum Tersangka Penambang Ilegal: Jangan Ada Kongkalikong Barang Bukti

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kuasa hukum 21 tersangka kasus penambangan emas ilegal di Waserawi, Paulus Konstan Simonda, mengingatkan semua pihak terkait barang bukti (BB) ekskavator kini dititip di halaman rutan Mapolda Papua Barat.

    Dalam kasus ini, penyidik Polda Papua Barat bukan hanya menetapkan 31 tersangka, tetapi juga mengamankan tiga unit ekskavator di lokasi penambangan.

    Baca juga:  Jerat Ulang Nur Umlati, Kejati Papua Barat Klaim Kantongi Bukti Baru

    “Terkait dengan tiga barang bukti ekskavator perlu hati-hati karena barang bukti tersebut sudah ada penetapan dari Pengadilan Negeri Manokwari,” kata Paulus, Jumat (15/7/2022).

    Paulus mewanti-wanti jangan sampai ada pihak yang main-main dengan barang bukti. “Jangan ada kemudian melakukan kongkalikong soal barang bukti. Sebab, pengadilan sendiri sudah mengeluarkan penetapan dan telah terdaftar hingga Mahkamah Agung,” ucapnya.

    Baca juga:  Sidang Istri Aniaya Suami di Manokwari Terus Bergulir, PH Korban: Perbuatan Terdakwa Sudah Terbukti

    Jika ada oknum yang mencoba bermain dengan barang bukti, lanjutnya, kata Konstan, risikonya sangat besar. “Itu sudah pasti masuk dalam ranah perbuatan melawan hukum (PMH) jika ada yang mau bermain,” imbuhnya.

    Baca juga:  Tok! Lukas Enembe Divonis 8 Tahun Penjara

    Menurutnya, barang bukti ekskavator akan dilelang oleh negara setelah ada putusan pengadilan. “Soal mekanismenya tentu ranahnya jaksa, namun BB itu masih tetap dalam tahapan proses hingga ada putusan berkekuatan hukum tetap.” jelasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polisi Ringkus 5 Kawanan Pengedar Ganja di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni meringkus lima anggota jaringan pengedar narkoba dalam operasi penangkapan...

    Polisi Ringkus 5 Kawanan Pengedar Ganja di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni meringkus lima anggota jaringan pengedar narkoba dalam operasi penangkapan...

    Merasa Ditangkap dan Ditahan Tanpa Prosedur, IS Praperadilankan Polsek Prafi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kantor advokat Patrix & Partners mengajukan praperadilan dengan termohon Polsek Cq Kapolsek...