27.9 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Kodam Kasuari Inisiasi Gerakan Peduli Lingkungan di Pesisir Pantai Sawaibu

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com-Kodam XVIII/Kasuari menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan pesisir Pantai Sawaibu, Manokwari, Jumat (12/1/2024). Kegiatan ini melibatkan lintas komponen.

    Kegiatan dilakukan dalam skala besar. Turut, Kodim 1801/Manokwari, Fasharkan Manokwari, kepolisian, Basarnas, FKPPI, KPLP dan DLH Pemkab Manokwari. Ada pula mahasiswa Unipa, Komcad, dan siswa SMA Taruna Kasuari Nusantara serta Pramuka.

    Aster Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Jimmy Rihi Tugu menyampaikan, gerakan sosial hari ini adalah wujud kontribusi lintas elemen dalam membantu menjaga lingkungan pantai.

    Baca juga:  Mutasi 'Injury Time', Waterpauw Geser 7 Pejabat Pekan Depan

    “Karya bakti pembersihan pantai itu sebagai wujud nyata kekompakan TNI bersama dengan yang lain. Personel gabungan yang terlibat dalam aksi tersebut dengan mengangkat sampah organik maupun nonorganik yang tampak berserakan di sekitar pesisir pantai,” ucapnya.

    Ia melanjutkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kasad kepada seluruh jajaran TNI AD untuk memerangi sampah. Menurutnya, ini juga merupakan awal dari proses edukasi kepada masyarakat pesisir.

    Baca juga:  Mutasi Besar-besaran di TNI, Mayjen TNI Gabriel Lema jadi Pangdam Kasuari

    “Agar mereka punya kepedulian pada lingkungan. Menjaga kelestarian alam yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

    Dikatakan Jimmy, pesisir pantai yang bersih akan memberi nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Para pengunjung akan datang dan akan menjadi pundi ekonomi baru.

    “Karena itu kita imbau untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Kami berharap kebersihan lingkungan sekitar harus dijaga dengan baik,” harapnya.

    Baca juga:  Bapenda Manokwari Gencar Awasi Pajak Usaha, Kafe dan Resto Jadi Sasaran

    Sementara itu, salah satu warga, Dimara Dowansiba memuji inisiatif TNI dalam membersihkan wilayah pantai. Apalagi melibatkan banyak pihak.

    “Kami mewakili masyarakat yang ada, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bapak-bapak TNI, Polri yang dibantu oleh Pemda setempat, mahasiswa, anak-anak sekolah serta yang lainnya. Kegiatan Karya Bakti dengan membersihkan pantai ini tentunya sangat membantu kami khususnya masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya. (*/red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...