26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Kemiskinan-Pengangguran Tinggi, Papua Barat Tetapkan 5 Prioritas di 2023

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat menetapkan lima prioritas pembangunan di 2023. Lima prioritas ini dirumuskan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrembang).

    Beberapa poin krusial juga dihasilkan sebagai fokus penanganan. Di antaranya pertumbuhan ekonomi yang masih rendah, inflasi yang tinggi dan indeks pembangunan manusia yang di bawah rata-rata nasional.

    Selain itu tingginya tingkat ketimpangan pendapatan, tingginya presentasi tingkat kemiskinan, tingginya angka pengangguran terbuka serta indeks kesenjangan wilayah yang signifikan dan lain sebagainya.

    Baca juga:  Kawal Terus Pengamanan Migor Curah Rakyat, Mendag Lutfi: Sesuai Target, Migor Sudah Tersedia di 10 Ribu Titik

    “Ini menjadi tantangan dan tugas kita bersama untuk memperbaiki capaian kinerja di berbagai sektor pembangunan di tahun 2023,” ujar Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani saat membuka Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Papua Barat 2023, Selasa (26/4/2022).

    Baca juga:  Pembukaan W20 Hanya Dihadiri 40 Delegasi, Mendes PDTT juga Batal Hadir

    “Mempertimbangkan tantangan, maka provinsi Papua Barat menetapkan lima prioritas pembangunan tahun 2023,” ujarnya.

    Lima prioritas pembangunan tersebut di antaranya percepatan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Peningkatan kualitas SDM unggul, berkarakter dan kontekstual Papua Barat serta perlindungan sosial.

    Selanjutnya, peningkatan kualitas infrastruktur dasar dan konektivitas antarwilayah serta kualitas pengelolaan tata ruang daerah. Peningkatan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan dan pemantapan tata kelola otonomi khusus berbasis stabilitas wilayah.

    Baca juga:  FIFA Resmi Pilih Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

    “Dengan menetapkan prioritas pembangunan, pemerintah juga membuat perkiraan dan target yang realistis dalam RKPD Papua barat tahun 2023 dengan berpedoman pada RDP provinsi Papua Barat 2023-2026,” jelasnya.(LP9/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis...

    Hadirkan Kesejahteraan, Bupati Hendrik Mambor Harap Jaga Kebersamaan dan Toleransi

    WASIOR, linkpapua.com– Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan, Teluk Wondama adalah rumah bersama. Semua...

    Bupati Mambor: “Wondama Uta Wiate” Bukan Sekadar Slogan, ini Komitmen

    WASIOR, linkpapua.com- Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan, 'Wondama Uta Wiate' yang menjadi tema...