25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Jelang Audit BPK RI, Inspektorat Mansel Minta OPD Kooperatif

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan menggelar rapat evaluasi pengawasan laporan pertanggungjawaban organisasi perangkat daerah (OPD), Senin (15/1/2024). Rapat OPD ini merupakan prakondisi menjelang audit oleh BPK RI, Februari nanti.

    Kepala Inspektorat Mansel Achmad Daryus Syukur menuturkan, rapat dilaksanakan sesuai instruksi Bupati, agar di masing-masing bendahara pengeluaran OPD melakukan reposisi kas di angka nol sebelum pemeriksaan pendahuluan dari BPK. BPK akan memulai pemeriksaan awal Februari mendatang.

    Baca juga:  Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    “Kemudian, surat pertanggungjawaban (SPj) secara sistem dan fisik sudah bisa kita lihat supaya ketika BPK melakukan pemeriksaan tidak perlu kita baku kejar-kejaran dengan bukti-bukti dan ketekoran kas. Karena ada beberapa kejadian pajak harusnya disetor ke kas negara malah disetor di kas daerah,” terang Achmad Daryus.

    Baca juga:  Besok, AKD DPRD Manokwari Periode 2022-2024 Diparipurnakan

    Achmad mengemukakan, rapat ini bertujuan memberikan arahan kepada pimpinan OPD dan bendahara di masing-masing perangkat daerah. Agar tidak terjadi ketidaksinkronan pertanggungjawaban anggaran.

    “Kemudian, kalau posisi kas dan LPJ semuanya sudah aman, maka kita akan kontrol lagi dengan laporan masing-masing organisasi perangkat daerah. Karena laporan OPD akan dikompilasi menjadi laporan keuangan pemerintah daerah yang nantinya disusun oleh BPKAD,” paparnya.

    Baca juga:  Kunjungan ke Pegaf, Pj Gubernur Papua Barat Minta Hentikan Kebiasaan Menikah Muda

    Achmad menekankan, pimpinan OPD, sekretaris dan bendahara masing-masing perangkat daerah agar kooperatif melaksanakan arahan Bupati. Menurutnya, ini fase penting karena akan sangat menentukan laporan pertanggungjawaban serta hasil pemeriksaan BPK. (LP11/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...