27 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
27 C
Manokwari
More

    Hasil Penetapan Calon Anggota MRPB Teluk Bintuni, Ini Nama-namanya

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Panitia pemilihan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) telah menetapkan calon anggota terpilih MRPB periode 2023 – 2028 untuk Kabupaten Teluk Bintuni. Pengumuman hasil penetapan berlangsung di Gedung Sasana Karya, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (24/5/2023).

    Adapun calon anggota MRPB wakil adat, yakni Eduard Orocomna, Sepy Downsiba, Viktor Ortua, dan Yusak Manci. Sementara, calon anggota MRPB wakil perempuan, yaitu Uliminata Fenentiruma, Theres F. Kambia, Ona V. Kambia, Kornelia B. Siwana.

    Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, menyampaikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2004 tentang MRP, MRPB adalah instrumen penting dalam implementasi Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

    Baca juga:  Kelompok TPNPB-OPM Kembali Tebar Teror, Minta 2 Anggotanya Dibebaskan

    “Sampai pada tahap pengumuman hasil penetapan calon anggota MRPB hari ini, kami merasa sangat gembira karena proses ini menjadi bukti bahwa orang asli Papua (OAP) sangat menghargai nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari,” kata Petrus.

    Sebelumnya, proses pemilihan calon anggota MRPB melibatkan unsur adat dan perempuan, yang dilaksanakan melalui musyawarah mufakat dari tingkat distrik, kabupaten/kota, hingga ditetapkan di tingkat provinsi.

    Baca juga:  Raker Evaluasi 24 Puskesmas Bintuni, 2023 - 2024 Fokus Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

    “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lembaga masyarakat adat di wilayah Teluk Bintuni yang telah mengajukan putra-putri terbaik untuk dicalonkan sebagai anggota MRPB periode lima tahun mendatang,” ujar Petrus.

    Selaras dengan itu, Petrus mengucapkan selamat kepada mereka yang telah ditetapkan sebagai calon anggota MRPB terpilih periode 2023 – 2028 di Teluk Bintuni.

    “Kami berharap bahwa tugas dan pengabdian yang diberikan kepada Bapak-Ibu sekalian dapat dijalankan dengan amanah dan tanggung jawab penuh. Masyarakat Teluk Bintuni sangat berharap tugas dan pengabdian ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan peradaban dan martabat orang asli Papua,” tuturnya.

    Baca juga:  Plt. Sekda Bintuni: Butuh Formula Khusus Tangani Anak Berurusan Hukum

    Ketua panitia pemilihan MRPB, Rheinhard C. Maniagasi, menjelaskan penetapan ini merupakan hasil verifikasi berkas dari tiap calon oleh panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan, yang terdiri atas unsur Kejaksaan Negeri Bintuni dan Polres Teluk Bintuni.

    “Jika ada calon atau Bapak-Ibu yang merasa tidak puas dengan keputusan panitia pemilihan MRPB Teluk Bintuni, kami memberikan kesempatan kepada calon untuk menyampaikan ketidakpuasan tersebut,” ungkapnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...