27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Edisi Khusus Pecahan Rp 75 Ribu, BI : Sebaiknya Masyarakat Simpan Untuk Kenang-Kenangan

    Published on

    Manokwari-Pelaksana tugas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Joko Supratikto berharap masyarakat menyimpan uang pecahan khusus Rp 75 ribu sebagai kenang-kenangan.

    “Uang ini bisa sebagai alat transaksi namun diharapkan warga menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Ini pecahan edisi khusus ulang tahun Proklamasi kemerdekaan RI ke-75 tahun,” ucap Supratikto, Selasa (18/8/2020)

    BI perwakilan Provinsi Papua Barat pada Selasa (18/8) mulai membuka penukaran uang pecahan baru Rp 75 ribu di Manokwari.

    Terpantau, warga cukup antusias untuk memiliki uang pecahan yang diluncurkan pada edisi spesial HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 ini. Mereka mengantre secara tertib pada layanan yang dibuka di depan kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua Barat di Jalan Merdeka, Manokwari itu.

    Baca juga:  Ali Baham Ingin Jagung jadi Pangan Utama: Jangan Bergantung pada Beras

    “Layanan penukaran hari ini kami buka dalam tiga sesi. Sesi pertama dari pukul 08.00-09.00 WIT, sesi pukul 09.00-10.00 WIT dan sesi ketiga pukul 10.00-11.00 WIT,” ucap Pelaksana tugas di sela kegiatan tersebut, Selasa.

    Ia menyebutkan, masyarakat yang hendak melakukam penukaran diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu pada aplikasi elektronik yang telah disiapkan BI.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Sambangi Timika, Beri Dukungan Langsung Kontingen PON Papua Barat

    Pihaknya mempersilakan warga untuk menukarkan uang pecahan baru itu. Pada tahap awal ini pihaknya hanya membuka layanan penukaran di Kantor BI.

    “Saya pun tadi ikut menukarkan uang saya. Nanti saya simpan untuk kenang-kenangan. Tentu sesuai prosedur saya harus mendaftar melalui aplikasi. Kemarin atau sehari sebelumnya saya mendaftar lewat aplikasi,”ujarnya lagi.

    Joko menjelaskan bahwa, uang Rp 75 ribu merupakan pecahan khusus yang diterbitkan pada ulang tahun kemerdekaan. Menurut dia, sebelumnya BI pun sudah menerbitkan uang pecahan khusus pada HUT Proklamasi RI ke-25, 40 dan ke-50 tahun.

    Baca juga:  Pemkab Fakfak Ditarget Turunkan Angka Stunting dalam 6 Bulan

    “Tapi sebelumnya kan tidak teratur. Mulai tahun ini penerbitan uang edisi khusus seperti ini akan diterbitkan setiap 25 tahun sekali. Jadi setelah ini, pada 25 tahun kedepan akan BI akan kembali menerbitkan uang pecahan spesial HUT Kemerdekaan RI,” katanya.(LPB1/red)

    Latest articles

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil...

    More like this

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun...

    Sosialisasikan Amdal-net, DLH Papua Barat: Ini Langkah Penyelamatan Lingkungan 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi dan...

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...