26.8 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    DPRD Manokwari Nyatakan Terima dan Setujui RAPBD-P 2020

    Published on

    MANOKWARI- DPRD Manokwari menggelar rapat paripurna DPRD Manokwari tentang Rancangan APBD-P 2020 pada Senin (12/10/2020) dengan agenda pandangan akhir gabungan fraksi DPRD Manokwari.

    Dalam pandangan akhir gabungan fraksi DPRD Manokwari yang dibacakan oleh Suriyati Faisal mengatakan sinkronisasi dan kerjasama yang erat antara dua lembaga pemerintahan di Kabupaten Manokwari kedepannya dapat berjalan dengan harmonis saling terbuka dan menghargai satu sama lain.

    “Terkait tentang pembahasan perubahan anggaran APBD tahun 2020 gabungan fraksi DPRD memberikan sebuah pemahaman yang nantinya dapat kita cermati bersama Kabupaten Manokwari adalah salah satu daerah pelaksana pembangunan dalam menghadapi tahun-tahun yang akan datang. Perubahan APBD pada prinsipnya dilakukan untuk menyesuaikan APBD dengan perkembangan dan atau oleh karena akibat perubahan,”ungkapnya.

    Baca juga:  Alumni Akabri 90 di Papua Barat Gelar Vaksinasi dan Baksos untuk Warga Terdampak Covid-19

    Disampaikannya, keadaan perkembangan atau perubahan keadaan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD.

    ” Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi antar kegiatan dan antar jenis belanja. Saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan untuk pembiayaan dalam tahun anggaran berjalan. saldo anggaran lebih tahun sebelumnya adalah sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya keadaan darurat dan atau keadaan luar biasa. DPRD kabupaten Manokwari mendorong pemda Manokwari dapat mengoptimalkan serapan anggaran perubahan untuk program-program kegiatan yang sesuai jadwal dan tepat sasaran di setiap perangkat daerah mengingat tahun anggaran yang mengisahkan 2 bulan saja apalagi sebagian besar anggaran terjadi refocusing dan relokasi anggaran difokuskan untuk percepatan penanganan covid 19,”jelas dia.

    Baca juga:  Majukan Pariwisata Papua, KPWP Lakukan Ini

    Rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 ini dapat menjadi dasar bagi pjs Bupati untuk mengukur kinerja dan produktivitas para ASN Kabupaten Manokwari dikarenakan keterlambatan penyusunan APBD dan rapbd yang kerap dialami oleh Kabupaten Manokwari tahun demi tahun secara tidak langsung tentu berdampak terhadap kesejahteraan. DPRD Manokwari menerima dan menyetujui RAPBD-P 2020. (LPB3/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan Penindakan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari...

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...