27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    DPR PB Resmi Sodorkan 3 Calon Pj Gubernur Papua Barat, Ada Nama Waterpauw

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kementerian Dalam Negeri telah menerima tiga nama calon Pj Gubernur Papua Barat yang diusul DPR Papua Barat, Kamis (7/4). Berkas diterima langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo.

    “Hari ini DPR Papua Barat sudah menyerahkan sendiri ke tangan Wakil Menteri dalam Negeri dan beliau sudah terima. Sekanjutnha kita tunggu bulan Mei  Kemendagri akan menentukan siapa Pj Gubernur Papua Barat selanjutnya, “ kata Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor via Phone.

    Wonggor berharap siapapun yang akan dipilih pemerintah pusat sebagai Pj Gubernur Papua Barat nantinya adalah sosok bisa menjalankan tugas pemerintahan secara maksimal di Provinsi Papua Barat. Khususnya dalam menjalankan tahapan proses pemilu legislatif dan pemilu kada 2024.

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat dan Bupati Fakfak Dukung Penuh Kokas Jadi DOB

    Kepada warga Papua Barat, Wonggor meminta bisa menerima siapapun sosok yang ditunjuk pemerintah pusat nantinya sebagai Pj Gubernur Papua Barat 1 tahun mendatang.

    Wonggor menjelaskan tiga nama tersebut merupakan hasil penggodokan dari rapat lintas komponen yang digelar pada 3 Maret 2023.

    Dari tiga nama, pj gubernur petahana Paulus Waterpauw masih masuk dalam daftar yang disodorkan. DPR PB bahkan menempatkan nama Waterpauw di urutan pertama.

    Selanjutnya, dua kandidat lain merupakan figur dari dua kementerian/lembaga. Dua figur merupakan perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM dan sekretariat presiden.

    Baca juga:  50 Peserta Ikuti Lomba Body Contest yang di Gelar Polresta Manokwari

    Berikut tiga nama yang diajukan DPR PB:

    1. Komjen Pol (Purn) Paulus Waterauw MSi (Jabatan saat ini adalah Penjabat Gubernur Papua Barat)
    2. Dr Sugeng Purnomo
    (Jabatan saat ini adalah Deputi 3 Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia, pada Kemenko Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia)
    3. Dr Velix Vernando Wanggai
    (Jabatan saat ini adalah Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan, pada Sekretariat Wakil Presiden RI.

    Ketua DPR PB Orgenes Wonggor mengatakan, tiga  nama yang disodorkan DPR PB adalah hasil rumusan lintas komponen. Tiga figur ini dinilai merepresentasi berbagai latar belakang.

    Baca juga:  Ditunjuk jadi Pengacara Pemprov Lawan Rico Sia, Warinussy Ngaku Belum Terima Surat Kuasa

    “Tiga nama yang kami hasilkan melibatkan berbagai elemen. Ada LSM, tokoh masyarakat, tokoh adat dan komponen lain. Sehingga kita asumsikan bahwa 3 orang ini sebagai pilihan terbaik,” jelas Wonggor.

    Ditanya soal kans Paulus Waterpauw untuk kembali menjabat, Wonggor mengaku tak ingin berspekulasi. Menurutnya, siapapun yang nanti diputuskan Kemendagri, maka itu adalah opsi terbaik.

    “Setelah kita ajukan nama nama itu, kita tinggal menunggu keputusan Kemendagri. Siapapun yang nanti dipilih saya yakin masyarakat akan mendukung,” imbuh Wonggor. (LP2/red).

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...