25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Di Hadapan Wamentan, Hermus Ungkap Optimisme Swasembada Pangan Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengungkapkan optimismenya Manokwari dapat mewujudkan swasembada pangan. Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi, di Kampung Prafi Mulya, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (2/12/2023).

    “Kontribusi petani sangat besar untuk kita. Dengan kehadiran Wakil Mentan ke Manokwari merupakan perhatian kusus dari pemerintah pusat. Sejauh ini kondisi ketahanan pangan di Manokwari masih stabil. Stabilitas ketahanan pangan di Manokwari harus ditingkatkan dengan produktivitas yang tinggi,” ujarnya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Siap Meriahkan HUT RI Ke-78 dengan Lomba Lari 10 Km

    Hermus mengatakan, potensi lahan di Manokwari mencapai 10 ribu hektare. Namun, yang terkelola baru sekitar 1.200 hektare. Oleh karena itu, dia berharap ada kolaborasi untuk mengelola lahan yang belum terkelola.

    Baca juga:  Masjid Al Islah Diresmikan, Diharap Tumbuhkan Kepekaan Sosial

    “Jika semua lahan bisa dikelola, maka swasembada pangan dapat terwujud. Selain itu, kita juga berupaya mewujudkan swasembada daging dan pengembangan pisang di Distrik Tanah Rubuh sehingga perekonomian dapat meningkat,” tambah Hermus.

    Sementara itu, Wamentan, Harvick Hasnul Qolbi, mengatakan pihaknya berharap Manokwari menjadi lumbung pangan di Papua Barat.

    Baca juga:  Roma Megawanty Ajak Kader Golkar Bintuni Perkuat Konsolidasi Menuju 2024

    “Tentu kita ingin Manokwari menjadi lumbung pangan di Papua Barat yang juga diikuti kabupaten lainnya. Apalagi komoditi yang ada cukup banyak,” ujar Harvick.

    Harvick mengakui bahwa ketahanan pangan berpengaruh pada kedaulatan pangan yang sudah diinstruksikan oleh presiden. Meskipun banyak kendala yang dihadapi, ia berharap kestabilan stok maupun harga dapat terus terjaga. (LP3/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...