28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Dari Buku Palms Of New Guinea: Prof Charlie Ungkap Temuan 91 Spesies Baru Palem di Papua

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Belum lama ini telah diluncurkan buku Palms Of New Guinea yang dicetak oleh Royal Botanic Gardens Kew di London Inggris. Buku tersebut merupakan hasil dokumentasi kekayaan spesies salah satu suku tumbuhan penting pulau Nuigini yang dihasilkan secara komprehensif dan menjadi karya monumental.

    Dalam release dari Kepala Sub Bidang Disaminasi dan Publikasi Brida Papua Barat Ezrom Batorinding disebutkan buku tersebut memuat 250 spesies palem termasuk 91 spesies baru bagi ilmu pengetahuan yang ditulis oleh sembilan orang ahli internasional termasuk Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Papua Barat Prof Charlie D. Heatubun.

    Baca juga:  PN Manokwari Diminta Segera Eksekusi Gugatan Wanprestasi KONI 2016

    “Dalam buku tersebut dilengkapi peta distribusi, informasi habitat, status konservasi dan nama ilmiah serta kegunaan dari masing-masing spesies. Program riset dan rencana penulisan buku Palem Niugini dimulai sejak 1998 lalu. Ini untuk menjawab akan kebutuhan sumber informasi yang up to date. Sejak saat itu terbentuk tim riset internasional,”tulisnya Rabu (3/4/2024).

    Baca juga:  Wakil Bupati Teluk Bintuni Dorong Langkah Tepat Atasi Stunting

    Dari 91 spesies baru bagi ilmu pengetahuan, termasuk 3 spesies pinang baru yang penamaan spesiesnya unik karena penghargaan kepada para tokoh dan institusi. Pertama adalah Pinang Jokowi yang merupakan presiden ke 7 Indonesia yang telah membawa perubahan dan pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua, kedua pinang Mandacan yang diambil dari nama kepala suku besar Arfak Dominggus Mandacan serta ketiga adalah pinang Unipa yang merupakan institusi yang mendukung program riset palem Niugini.(LP3/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    0
    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) di kediamannya, Sabtu (13/04/2024). Gabriel mengaku pertemuan keduanya hanya...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...

    Populasi Non-OAP Makin Besar di PBD, Gempha Minta Pemprov Lakukan Penertiban

    SORONG, Linkpapua.com- Sekjen DPD Gempha Papua, Yeheskel Kalasuat menyoroti kian besarnya populasi para pendatang...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...