28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Catat! Tahun ini Pemkab Wondama Salurkan Bantuan untuk 400 UMK OAP

    Published on

    WASIOR, linkapapua.com – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama kembali akan menyalurkan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) orang asli Papua (OAP). Bantuan diberikan sebagai stimulus agar mereka bisa bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi.

    Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Teluk Wondama Ekbertson Karubuy mengungkapkan, anggaran yang dipersiapkan untuk bantuan modal usaha OAP di tahun ini sebesar Rp800 juta. Anggaran ini bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus).

    Baca juga:  Kasihiw: Pemda Berkontribusi Menjaga Program Hulu Migas di Bintuni

    “Anggaran yang disiapkan Rp800 juta. Jadi setiap penerima mendapat Rp2 juta untuk 400 pelaku usaha mikro dan usaha kecil. Tapi hanya berfokus pada pelaku usaha OAP karena sumber dananya dari Otsus,“ kata Ekber di kantor Dinas Perindagkop dan UMKM di Rasiei, Selasa lalu.

    Baca juga:  Hati-hati! Jalan Depan Polsek Warmare Manokwari Amblas Belasan Meter

    Ekber menjelaskan, bantuan modal usaha bagi pelaku UMK dimulai digencarkan dalam tiga tahun terakhir semenjak adanya pandemi Covid-19. Pasca Covid-19 mereda, mulai tahun ini, bantuan bagi pelaku UMK dimasukan sebagai bagian dari upaya menekan dampak inflasi.

    “Jadi pemerintah daerah membantu supaya usaha yang dijalankan saudara-saudara OAP bisa tetap berjalan walaupun ada inflasi yang meningkat. Harapannya begitu. Tapi juga ini dalam rangka kita menurunkan kemiskinen ekstrem,“ papar Ekber.

    Baca juga:  Lantik 276 Pejabat, Petrus: Kerja Sesuai Tupoksi

    Sebagai informasi, Pemkab Teluk Wondama pada tahun 2022 mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar untuk penanganan dampak kenaikan harga BBM juga kenaikan inflasi. Anggaran tersebut disalurkan dalam bentuk bantuan sosial tunai (BST), bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga yang terdampak. Termasuk tambahan modal usaha bagi pelaku UMK. (LP9/red)

    Latest articles

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di Masjid Al Kautsar, Jalan Esau Sesa, Manokwari, Minggu (14/4/2023). Halal...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...

    Populasi Non-OAP Makin Besar di PBD, Gempha Minta Pemprov Lakukan Penertiban

    SORONG, Linkpapua.com- Sekjen DPD Gempha Papua, Yeheskel Kalasuat menyoroti kian besarnya populasi para pendatang...