25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Bupati Mansel: Kita Lumbung Pangan, Harusnya Bisa Kontrol Harga Sembako

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com – Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, menyosialisasikan cara mengontrol harga dan stok sembako menjelang natal dan tahun baru (nataru). Sebagai daerah lumbung pangan, Mansel seharusnya bisa melakukan itu.

    Hal ini disampaikan Markus saat membuka pasar murah dan bazar yang diselenggarakan oleh pemerintah di Pasar Waranggui Oransbari, Rabu (9/11/2022). Pasar murah turut menggandeng BPJS dan distributor.

    Baca juga:  LHKPN 13 OPD Belum Kelar, Pemkab Mansel Tunda Pembayaran TPP

    Markus mengatakan, sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian, perkebunan, dan kawasan laut yang cukup, Mansel sangat berpotensi mengontrol harga serta stok sembako. Namun, semua bisa dilakukan jika warga bisa menjaga pola konsumsi.

    Strategi yang ditawarkan Markus adalah mengonsumsi bahan pokok dari toko dengan bahan pokok lokal secara berimbang. Di samping itu, mengatur jenis masakan di rumah dengan baik agar ketergantungan dengan bahan pokok dari kios atau toko tidak berlebihan.

    Baca juga:  Buka Pasar Murah, Bupati Mansel Ingatkan Jangan Panic Buying

    “Kalau bisa lebih sering mengonsumsi bahan pokok yang memang sudah tersedia di daerah. Seperti sayur, ikan, keladi, petatas dan pisang,” jelasnya.

    Jenis masakannya juga harus diatur. Kata Markus, jangan tiap memasak harus dengan tumis-tumis atau selalu digoreng.

    “Kalau pagi masakannya digoreng. Kalau bisa siang masak kuah,” tuturnya.

    Baca juga:  Sambut Kedatangan Ketua PKK Papua Barat, Priska Pricilia Tinjau Persiapan di Kampung Argosigemerai

    Menurut Markus, dengan menjaga pola seperti itu maka Mansel sebagai lumbung pangan selamanya tidak akan terganggu apabila sembako mengalami kekurangan stok dan kenaikan harga.

    “Seharusnya kalau sembako naik, kita di Mansel yang wajib dapat manfaat. Jangan kita hanya dikenal sebagai lumbung pangan, tapi kalau bahan pokok lagi tidak terkontrol justru kita yang terganggu,” terang Markus menyemangati warganya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pengelola Tambang Gajian C Diminta Terlibat dalam Normalisasi Kali Mati

    MANSEL linkpapua.com- Tokoh pemuda Kampung Tobou, Manokwari Selatan, Jefri Mandacan berharap pemerintah memastikan pembangunan...

    Cuaca Ekstrem Berlanjut, Markus Waran Ingatkan Potensi Banjir-Longsor

    MANSEL,Linkpapua.com- Cuaca ekstrem diprediksi masih akan menyelimuti wilayah Manokwari Selatan dalam beberapa pekan ke...