26.8 C
Manokwari
Selasa, Desember 5, 2023
26.8 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Tekankan Keselarasan Program APBD 2024 dengan Kebutuhan Masyarakat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com — Bupati Manokwari, Hermus Indou, memperingatkan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari untuk memastikan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, program yang diajukan harus benar-benar mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

    Dalam pertemuan di Sasana Karya, Kantor Bupati Manokwari, Rabu (25/10/2023), Hermus menekankan pentingnya keselarasan antara program-program yang direncanakan dalam APBD 2024 dengan kebutuhan riil masyarakat serta kemampuan anggaran fiskal.

    “Tujuan kita berkumpul di sini untuk menyamakan persepsi dan langkah terkait dengan program-program yang akan dimasukkan dalam APBD 2024. Kita harus menyelesaikan dokumen APBD 2024 pada November mendatang agar kita dapat menghindari sanksi,” ujarnya.

    Baca juga:  Buka Konferensi GAMKI, Sekda Manokwari Dorong Lahirnya Kader Unggul

    Hermus juga menegaskan program-program yang diajukan harus selaras visi dan misi yang telah diimplementasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021—2026.

    “Program yang disusun jangan sifatnya subjektif untuk kepentingan tertentu. Harus bisa menjawab persoalan. Bedakan mana program pokok, mana program penunjang. Jangan sampai urusan administrasi lebih besar daripada program pokok,” katanya.

    Dalam arahannya, Hermus menyoroti 10 isu strategis yang akan menjadi fokus pada 2024 nanti, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, pelaksanaan pesta demokrasi, pengendalian inflasi, percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan ketahanan energi, serta perencanaan pembangunan jangka panjang. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pemprov PB Salurkan Hibah BBR dan Perlengkapan Sekolah di Kampung Inya,...

    0
    Manokwari, Linkpapua.com - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung Provinsi Papua Barat menyerahkan hibah berupa bahan bangunan rumah (BBR) di Kampung...

    More like this

    Pemprov PB Salurkan Hibah BBR dan Perlengkapan Sekolah di Kampung Inya, Manokwari Utara

    Manokwari, Linkpapua.com - Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung Provinsi Papua...

    Realisasi APBD Manokwari, Hermus Yakin Target 90 Persen Bisa Terwujud

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bupati Manokwari, Hermus Indou, menargetkan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

    Polda Papua Barat Minta Personelnya Hindari Aktivitas Politik Terkait Pemilu

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Adam Erwindi, menekankan kepada...