27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Bawaslu: Kandidat jangan buru-buru lakukan konvoi kemenangan

    Published on

    MAOKWARI,Linkpapuabarat.com-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat mengimbau para kandidat Pilkada tidak terburu-buru melakukan konvoi merayakan kemenangan untuk menjaga agar situasi keamanan tetap kondusif.

    “Sebelum ada ketetapan resmi dari KPU jangan menilai dan berspekulasi tentang hasil Pilkada. Jangan berkonvoi atau euforia kemenangan,” ucap Anggota Bawaslu Papua Barat Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Muhammad Nazil Hilmi, Rabu (9/12).

    Hilmi mengutarakan, saat ini pemungutan suara sedang berlangsung di TPS. Pihaknya berharap tidak ada konvoi kandidat maupun pendukungnya setelah penghitungan di TPS selesai.

    Baca juga:  Resmikan Klinik Pratama Pemprov Papua Barat, Ali Baham: Wujud Transformasi Kesehatan

    Ia mengajak semua pihak termasuk kandidat dan tuk suskes masing-masing mengawal hasil Pilkada, hingga kandidat terpilih mendapat legitimasi yang kuat dari KPU.

    Terkait pemungutan suara yang berlangsung di sembilan kabupaten hari ini, sebut Hilmi Bawaslu Papua Barat melakukan pemantauan di TPS. Sesuai laporan pengawas di lapangan sejauh ini pemungutan suara di Papua Barat berjalan dengan suasana aman.

    Baca juga:  Belum Merata, Pj Gubernur Papua Barat Akan Lakukan Safari Pacu Vaksinasi

    “Protokol kesehatan dilaksanakan secara tertib di TPS. Warga atau pemilih sangat sadar,” katanya.

    Kendati demikian, lanjut Hilmi, pihaknya masih menerima beberapa laporan antara lain tentang surat undangan yang belum diterima pemilih, praktik money politik, serta dugaan undangan yang disalahgunakan.

    Terkait laporan itu, pihaknya akan melakukan klarifikasi, jika memenuhi syarat formal dan materi hal itu akan ditindaklanjuti tim Gakumdu.

    Baca juga:  Pemprov dan TP PKK Papua Barat Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan lewat Pengobatan Massal

    “Kami juga menghimbau agar KPPS maupun saksi yang bertugas menahan diri untuk melakukan penghitungan hasil sebelum jam 13.00 WIT. Kalau masih waktu tersisa sebaiknya diberikan kesempatan kepada pemilih yang menggunakan e-KTP yg dicocokan dengan DPT,” katanya.

    “Kami memberikan apresiasi khusus buat pihak keamanan, jajaran KPU dan Bawaslu serta rekan-rekan pers yang terus memberikan suasana sejuk dalam Pilkada serentak 2020,” ujarnya. (LPB/red)

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Kajati Papua Barat Harap HBA ke-64 jadi Momentum Introspeksi Diri

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64,...

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...