27.5 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Akibat Covid-19, PAD UPTD Metrologi Legal turun 50 persen

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com– Kepala UPTD Metrologi Legal Manokwari, Firmansyah Budi Saputra mengatakan selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari UPTD Metrologi menurun sampai 50 persen.

    Hal ini dikarenakan UPTD Metrologi Legal tidak melakukan tera ulang satuan alat timbang di kios atau pasar secara umum. Pihaknya juga tidak melakukan tera secara luas dikarenakan adanya edaran dari Kementrian untuk menunda pelaksanaan tera.

    Baca juga:  Pantai Petrus Kafiar, Surga Tersembunyi di Manokwari Utara Andalan para Surfer

    “Karena anggaran operasional untuk melakukan tera di kios atau pasar secara umum dialihkan untuk penanganan covid sehingga kita hanya melakukan tera diperusahaan, seperti di SPBU, Pertamina dan pabrik semen karena mereka membutuhkan sertifikasi tera dalam operasional pelayanan. Ini yang buat target retribusi kita menurun,”ungkap Firmansyah Budi baru-baru ini.

    Baca juga:  Suarakan Papua Merdeka, Puluhan Massa di Manokwari Kibarkan Bendera Bintang Kejora

    Dikatakan Firmansyah Budi, tahun ini pihaknya menargetkan PAD sebesar 30 juta. Namun hingga akhir November yang terealisasi baru sekitar 15-20 juta.

    “Dari pusat juga ada edaran menunda melakukan tera sambil melihat kondisi pandemi ini. Kalau mau dipaksakan tetap melakukan tera tentu berbahaya apalagi pasar pasti sangat ramai akibat yang penumpukan massa. Kita hanya membuka layanan bagi masyarakat yang membawa timbangannya ke kantor untuk melakukan tera, karena kalau di kantor lebih bisa meminimalisir penumpukan massa dengan menerapkan protokol kesehatan,” tambah Firmansyah.

    Baca juga:  Soal Temuan Beras Kedaluwarsa di Manokwari, Bulog: Cuma Salah Tempel Stiker

    Dirinya menambahkan awal tahun depan UPTD Metrologi merencanakan terlebih dahulu melakukan pengawasan dan mendata keauratan alat ukur.  Masyarakat juga diminta melaporkan jika ada keluhan terhadap alat ukurnya. (LPB1/red).

    Latest articles

    Operasi Patuh 2024, Polres Bintuni Fokus Cegah Gangguan dan Lakalantas

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar apel menandai dimulainya Operasi Patuh Mansinam 2024, Senin (15/7/2024). Operasi Patuh akan fokus mencegah terjadinya lakalantas dan potensi...

    More like this

    Operasi Patuh Mansinam Dimulai Hari ini, 7 Pelanggaran yang Jadi Incaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari memulai pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam, Senin hari ini (15/7/2024). Operasi...

    Bupati Apresiasi Peran Ikaswara di Manokwari Dalam Momentum Harlah ke 17 Tahun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda, Jawa, Madura (Ikaswara) Manokwari...

    Meriahkan HUT Ikaswara ke 17, PMI Manokwari Gelar Donor Darah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara)...