27.2 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Bawaslu Ungkap Indikator TPS Rawan di Papua Barat: Tak Ada Internet-Listrik

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua Barat merelease indikator Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rawan paling tinggi se-Papua Barat pada Senin (12/2/2024).

    Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie menyebutkan penilaian TPS rawan berdasarkan 7 variabel dan 22 indikator yang dilakukan pada 1.923 TPS. “Ada 5 besar indikator TPS rawan paling tinggi di Papua Barat yaitu terdapat potensi pemilih memenuhi syarat namun tidak terdaftar di DPT yaitu 807 TPS, terdapat pemilih DPT yang sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 414 TPS, terdapat kendala jaringan internet sebanyak 205 TPS, ada Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 192 TPS dan kendala aliran listrik di TPS berjumlah 178 TPS,”ungkap Idie.

    Baca juga:  Kodam XVIII/Kasuari Siap Rekrut Catam TNI AD Otsus

    Dijelaskannya, indikator lainnya yaitu TPS yang sulit dijangkau berjumlah 43 TPS, KPPS yang merupakan pemilih diluar domisili TPS tempatnya bertugas dan beberapa indikator lainnya.

    Baca juga:  Kemenkumham Evaluasi Kerja Sama dengan FNF, Perkuat Rule of Law

    “Ini bagian dari kerja Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dengan mengidentifikasi dan memetakan kerawanan. Proses ini mulai dari sosialisasi, pendataan, rekapitulasi data dan publikasi datanya. Penilaian data ini berdasarkan saat tahapan kampanye, pemutakhiran data pemilih dan laporan pengawasan panwas distrik,”tambah dia.

    Baca juga:  Hasil Visum Kelar, Penyebab Kematian Pria Bersimbah Darah di Bintuni Masih Teka-teki

    Bawaslu Papua Barat berharap sejumlah TPS yang masuk dalam kategori rawan tinggi mendapatkan perhatian dari penyelenggara maupun aparat keamanan dimasing-masing wilayah hukumnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...