28 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
28 C
Manokwari
More

    Jelang Audit BPK RI, Inspektorat Mansel Minta OPD Kooperatif

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan menggelar rapat evaluasi pengawasan laporan pertanggungjawaban organisasi perangkat daerah (OPD), Senin (15/1/2024). Rapat OPD ini merupakan prakondisi menjelang audit oleh BPK RI, Februari nanti.

    Kepala Inspektorat Mansel Achmad Daryus Syukur menuturkan, rapat dilaksanakan sesuai instruksi Bupati, agar di masing-masing bendahara pengeluaran OPD melakukan reposisi kas di angka nol sebelum pemeriksaan pendahuluan dari BPK. BPK akan memulai pemeriksaan awal Februari mendatang.

    Baca juga:  Ada Temuan BPK, Inspektorat Mansel Optimistis Lakukan Perbaikan

    “Kemudian, surat pertanggungjawaban (SPj) secara sistem dan fisik sudah bisa kita lihat supaya ketika BPK melakukan pemeriksaan tidak perlu kita baku kejar-kejaran dengan bukti-bukti dan ketekoran kas. Karena ada beberapa kejadian pajak harusnya disetor ke kas negara malah disetor di kas daerah,” terang Achmad Daryus.

    Baca juga:  Soal Hilux Seruduk 2 Sepeda Motor di Manokwari, Polisi Temukan Miras

    Achmad mengemukakan, rapat ini bertujuan memberikan arahan kepada pimpinan OPD dan bendahara di masing-masing perangkat daerah. Agar tidak terjadi ketidaksinkronan pertanggungjawaban anggaran.

    “Kemudian, kalau posisi kas dan LPJ semuanya sudah aman, maka kita akan kontrol lagi dengan laporan masing-masing organisasi perangkat daerah. Karena laporan OPD akan dikompilasi menjadi laporan keuangan pemerintah daerah yang nantinya disusun oleh BPKAD,” paparnya.

    Baca juga:  Pimpinan Ditetapkan Tersangka, BPK Papua Barat Klaim Aktivitas Berjalan Normal

    Achmad menekankan, pimpinan OPD, sekretaris dan bendahara masing-masing perangkat daerah agar kooperatif melaksanakan arahan Bupati. Menurutnya, ini fase penting karena akan sangat menentukan laporan pertanggungjawaban serta hasil pemeriksaan BPK. (LP11/red)

    Latest articles

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X...

    More like this

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...