27.2 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Dinkes Papua Barat Gencarkan Sosialisasi Antisipasi Peredaran Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dinas Kesehatan Papua Barat menggelar pertemuan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD)pada Kamis (11/1/2024) di Manokwari. Pertemuan tersebut diikuti oleh kader dan petugas kesehatan disejumlah puskesmas di Manokwari.

    Plt Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Marthen Rante Tampang menjelaskan pertemuan seperti ini sangat penting karena dapat membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

    Baca juga:  Penjabat Gubernur Papua Barat Minta Tingkatkan Serapan Anggaran

    “Persoalan DBD ini harus ditangani sesegera mungkin karena terlambat penanganannya dapat membhayakan. Ini harus menjadi perhatian serius dan respon cepat. Sehingga pentingnya peran kader maupun petugas kesehatan di masing-masing puskesmas sebagai layanan kesehatan terdepan,”ungkapnya.

    Dikatakannya peran serta bagi semua pihak untuk mengantisipasi peredaran DBD sangat penting, kususnya masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

    Baca juga:  Maraton Reses ke Sejumlah Distrik, Mugiyono Bagikan Bama dan Multivitamin

    Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Papua Barat dr Nurmawati menjelaskan salah satu upaya pengendalian DBD adalah dengan adanya 1 rumah 1 juru pembasi jentik (Jumantik).

    “Nyamuk DBD berpotensi ada disetiap rumah kususnya pada lingkungan yang terdapat tampungan air. Dengan adanya 1 rumah 1 Jumantik sangat efektif. Jumantik bertugas memantau jentik nyamuk yang ada disekeliling tempat tinggal. Yang terpenting juga menerapkan 3 m plus,”ujarnya.

    Baca juga:  Pasar Murah PKS Manokwari Jual Berbagai Sembako, Bakal Digelar Tiap Bulan

    Dikatalannya, DBD dapat terjadi jika warga tidak menjaga lingkungannya. Selain itu dengan masifnya transportasi dan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi faktor penyebab peredaran DBD melalui nyamuk Aedes Aegeypti.(LP3/Red)

    Latest articles

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang sedianya maju lewat jalur independen...

    More like this

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua...

    Jelang Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni, Dewan Hakim dan Panitera Dilantik

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...