28.3 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    Keluarga Korban Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Pejabat PB Barat Desak Langkah Serius Kepolisian

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Keluarga korban dugaan pelecehan seksual, yang diduga dilakukan oknum pejabat di Pemprov Papua Barat (PB), meminta Polda Papua Barat agar mengambil langkah serius dalam menangani kasus ini.

    DF , salah seorang anggota keluarga korban, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kelambanan aparat kepolisian dalam menangani laporan dugaan pelecehan seksual tersebut. Menurutnya, keluarga korban merasa bahwa langkah-langkah yang diambil tim penyidik tidak menunjukkan perkembangan signifikan.

    “Sebenarnya kami mempertanyakan bahwa Polda ini serius atau tidak memproses kasus ini. Sebab, saudara kami menjadi korban dan pelaku masih berkeliaran di mana-mana,” kata DF, Kamis (10/8/2023).

    Selain itu, DF juga mengungkapkan korban terus menerima tekanan dari pihak tertentu. Ironisnya, meskipun telah melaporkan kasus ini ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), proses yang berjalan lambat membuat korban makin rentan terhadap tekanan tersebut.

    Baca juga:  Resmi! Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai di Papua Barat

    Kuasa Hukum yang mewakili korban, Yulianto, telah meminta Polda Papua Barat dan menekankan perlunya penyampaian informasi tentang perkembangan penyelidikan kasus ini. Namun, Yulianto menegaskan hingga saat ini pihaknya belum menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Penyidikan (SP2HP) dari tim penyidik.

    Sementara itu, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel T.M. Silitonga, menegaskan komitmen pihaknya dalam terus mengusut kasus dugaan pelecehan seksual ini. “Kasus pelecehan seksual sampai sekarang masih ditangani,” tegasnya.

    Walau begitu, ia mengakui menerima sejumlah masukan dan saran dari berbagai pihak yang akan dipertimbangkan dalam proses penyelidikan. “Tapi, ada beberapa saran dan usulan yang masuk ke saya yang perlu di pertimbangkan,” katanya.

    Baca juga:  Ketua DPR Papua Barat Reses di Pegaf, Soroti Pembangunan Gereja dan Infrastruktur Jalan

    Dirreskrimum Polda Papua Barat, Kombes Pol. Novia Jaya, menjelaskan proses penyelidikan terkait kasus dugaan pelecehan seksual, yang melibatkan oknum pejabat Pemprov Papua Barat berinisial LI, masih dalam tahap koordinasi dengan jaksa di Kejati Papua Barat.

    “LI ini kita sudah koordinasi dengan kejaksaan. Jadi, belum kirim berkas, tetapi baru berkoordinasi. Selain itu, kita menunggu hasil uji labfor dari Mabes Polri,” ungkapnya.

    Adapun koordinasi dengan kejaksaan ini berkaitan dengan penyiapan berkas penyelidikan tim penyidik Polda Papua Barat. “Untuk penetapan tersangka belum, memang prosesnya sudah pada tingkat penyidikan,” tambahnya.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Tekankan KONI Perbaiki Peringkat di PON 2024

    Menyinggung mengenai penetapan tersangka, Novia mengungkapkan tim penyidik masih menunggu hasil uji laboratorium forensik terkait bukti-bukti yang ada.

    Novia menegaskan dalam proses penyelidikan kasus dugaan pelecehan seksual ini, tidak ada campur tangan dari pihak mana pun. “Kita penyidik tidak ada intervensi,” tuturnya.

    Sebelumnya, korban inisial CR, seorang perempuan, telah mengajukan laporan ke Polda Papua Barat dengan Nomor LP/B/100/V/2023/SPKT/Polda Papua Barat pada 10 Mei 2023, terkait dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan LI, seorang oknum pejabat di Pemprov Papua Barat.

    Berdasarkan laporan tersebut, tim penyidik kemudian meningkatkan status kasus menjadi penyelidikan dengan surat Nomor: SP. Sidik/32.a/V/RES.1.24/2023/Ditreskrimum 19 Mei 2023. (*/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...