26 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
26 C
Manokwari
More

    Pj Ketua TP PKK Papua Barat Dorong Gizi Seimbang lewat Program B2SA Goes to School

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pj Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanti Pasaribu, terus mengambil langkah konkret dalam mendorong kesadaran akan gizi seimbang dan berkualitas di kalangan generasi muda.

    Salah satunya melalui program Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Goes to School yang kali ini dihelat di SD Negeri 32 Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Kamis (10/8/2023).

    Kegiatan ini tidak hanya melibatkan sosialisasi, tetapi juga membawa kontribusi nyata dalam bentuk bantuan langsung. Megawanti memberikan bantuan pribadi berupa uang tunai serta satu unit speaker yang akan mendukung kebutuhan pendidikan di sekolah tersebut.

    Megawanti mengungkapkan bahwa aspek pangan merupakan hak asasi individu dan merupakan elemen krusial dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) unggul.

    Baca juga:  Di Depan Menteri Bahlil, Kepala DMPTSP Papua Barat: Kekayaan SDA Hanya Ilusi

    “Untuk membentuk sumber daya yang berkualitas tentunya diperlukan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman dengan komposisi ideal,” ujarnya.

    Menurutnya, pemenuhan gizi yang tepat memainkan peran penting dalam membangun generasi berkualitas. Ini tecermin dalam keragaman jenis pangan serta keseimbangan gizi dalam pola konsumsi sehari-hari.

    “Untuk mewujudkan lahirnya generasi emas setidaknya didukung dari sektor pendidikan dan sektor kesehatan. Salah satu kekuatan utama dalam sektor kesehatan adalah status gizi,” tambahnya.

    Dalam upayanya meningkatkan pola konsumsi yang lebih baik, Megawanti mendorong pendekatan edukatif dan sosialisasi, terutama di kalangan anak-anak dan masyarakat umum.

    Baca juga:  Keren! Terobosan Gubernur Papua Barat Soal Lingkungan Hidup Masuk 5 Kemenangan Dunia

    “Edukasi dan promosi B2SA, salah satunya melalui kegiatan B2SA Goes to School. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman anak-anak sekolah tingkat dasar tentang pentingnya makan B2SA sejak dini,” terangnya.

    Lebih jauh lagi, program ini juga bertujuan meningkatkan pemahaman para pendidik dan masyarakat umum, khususnya di tingkat sekolah dasar, mengenai prinsip-prinsip pola konsumsi pangan B2SA, yang mewakili aspek makan dengan kenikmatan, kesehatan, dan kualitas.

    Megawanti menjelaskan dengan fokus pada kualitas pola konsumsi pangan, masalah stunting juga dapat diatasi. Hal ini akan memastikan anak-anak tumbuh sehat, aktif, dan produktif. Ia juga menyoroti tren makanan cepat saji yang makin umum dan dampaknya pada kesehatan anak-anak.

    Baca juga:  Upacara HUT Ke-51 Korpri, Pj Sekda Papua Barat Sampaikan Lima Pesan Penting

    “Kita diperhadapkan fakta bahwa makanan cepat saji menjadi gaya hidup masyarakat. Para orang tua karena kesibukan tertentu, sering menyediakan makanan cepat saji kepada anak-anak, yang akhirnya mereka menjadi ketergantungan,” tuturnya.

    Namun, Megawanti juga menekankan bahwa kenyamanan dan harga murah dari makanan cepat saji belum tentu mengimbangi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh.

    Ia pun mengajak para pendidik dan guru untuk membantu mengarahkan orang tua dan siswa agar memahami pentingnya asupan gizi yang memadai sebagai landasan bagi generasi emas Papua Barat. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...