26.7 C
Manokwari
Kamis, Mei 16, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Pertemuan Tahunan BI Diharap Jadi Momentum Kolaborasi Stakeholder Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) diharapkan menjadi momentum kolaborasi BI dengan stakeholder untuk mendorong koordinasi dan sinergi dalam menjaga tingkat inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua Barat.

    “Kondisi perekonomian sepanjang 2022 terus menunjukkan perbaikan meski disertai berbagai tantangan. Fenomena pandemi Covid-19, tensi geopolitik, hingga ketidakpastian iklim menjadi tantangan nyata yang telah kita hadapi bersama,” kata James Wilson Lumbantobing, Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Papua Barat dalam pertemuan di salah salah hotel di Manokwari, Rabu (30/11/2022).

    Baca juga:  Kemenkes Minta RSUD Papua Barat Segera Naik Tipe B

    Perbaikan ekonomi domestik, kata dia, tidak terlepas dari respons kebijakan dan sinergi yang kuat antara BI, pemerintah, dan otoritas terkait di tiap lini.

    Baca juga:  Siap-siap! Papua Barat-PBD akan Dilanda Kemarau Hingga November

    “Kebijakan nasional dan daerah telah mendorong optimisme dan akselerasi pemulihan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah,” ungkapnya.

    PTBI merupakan puncak high level event BI yang telah dilaksanakan secara rutin sejak 1969. Agenda utamanya adalah pemaparan pandangan BI terkait kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi, arah kebijakan BI ke depan, hingga arahan Presiden RI mengenai kebijakan pemerintah ke depan.

    Baca juga:  BI Papua Barat Gelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik Dorong Perkembangan UMKM dan Pariwisata

    Menurut James, sinergi dan inovasi merupakan kunci bagi Indonesia dalam melewati berbagai tantangan perekonomian di tengah pesatnya perubahan dan ketidakpastian yang kian kompleks. Dia menilai, pencapaian kinerja BI tentu terlepas dari sinergi dengan berbagai stakeholder. (LP9/Red)

    Latest articles

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang sedianya maju lewat jalur independen...

    More like this

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di...

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...