25.7 C
Manokwari
Kamis, Mei 16, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    BI kembangkan pertanian terintegrasi di Papua Barat

    Published on

    Manokwari- Bank Indonesia mengembangkan integrated farming atau pertanian terintegrasi di Papua Barat untuk mendorong kemandirian pangan di daerah tersebut.

    Pada program ini BI merangkul Kodam XVIII/Kasuari, Polda Polda Papua Barat, Pankoarmada Sorong serta Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari.

    Pada Selasa (13/10) pelatihan integrated farming digelar di Manokwari. Kegiatan itu menghadirkan petani muda dari Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai pemateri.

    Baca juga:  Kopi arabika Arfak dapat sertifikat IG pada HUT Papua Barat ke- 21 tahun

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati pada kegiatan itu mengatakan, program tersebut saat ini masih berada pada tahapan awal. Pelibatan TNI dan Polri bertujuan untuk memanfaatkan lahan-lahan milik instansi tersebut sebagai pilot project.

    “Hari ini hingga besok kita akan laksanakan pelatih serta praktek kerja lapangan. Kami ingin mendorong pengembangan pertanian dan peternakan secara terpadu,” ucap Rut.

    Baca juga:  BP Berkomitmen Terus Berinvestasi di Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Sambut Baik

    Dia menjelaskan, untuk mencukupi kebutuhan pangan, Papua Barat selama ini masih bergantung dengan daerah lain seperti Jawa, Sulawesi dan Maluku. Program ini diharap mampu mewujudkan Papua Barat lebih siap hal pangan.

    “Kita tahu potensi sumber daya alam di Papua Barat ini cukup melimpah, termasuk bidang pertanian dan peternakan itu. Kita integrasikan agar memperoleh profuk pangan yang lebih berkualitas dan tentunya sehat,” kata dia lagi.

    Baca juga:  Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    Kegiatan pelatihan ini dibuka Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani. Hadir juga pada kegaitan itu Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa serta Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol Patrige R Renwaren. (LPB1/red)

    Latest articles

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    0
    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, mengajukan permintaan kepada pemerintah terkait...

    More like this

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di...

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    Ketua REI PB-PBD: Perkembangan Perumahan Menjanjikan, Permintaan Meningkat

    MANOKWARI,LinkPapua.com - Ketua DPD REI Papua Barat dan Papua Barat Daya (PB-PBD), Julius Lois,...