27.9 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    BI Papua Barat Siapkan 695 Miliar untuk Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menyiapkan uang sebanyak Rp 695 miliar untuk penukaran uang tunai di masa periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 dalam program Semarak Rupiah Ramadhan (Serambi) 2024. Serambi akan dilaksanakan hingga 5 April mendatang.

    Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Barat Setian mengatakan proyeksi kebutuhan uang tunai meningkat dibandingkan realisasi penukaran tahun 2023.

    Baca juga:  Tertibkan Tambang Galian C, BPKAD Mansel Bangun 4 Pos Pengintai

    “Tiga hal yang penting dalam program Serambi Rupiah itu adalah bagaimana Bank Indonesia dapat menyediakan rupiah dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan tentunya layak edar,” ujarnya Rabu (20/3/2024).

    Untuk pelaksanaan di Papua Barat dilakukan dengan melibatkan sejumlah bank di 11 titik. Tentu titik-titik ini berada di ruang publik, strategis seperti pelabuhan hingga pasar. Dia berharap melalui program rutin tiap tahun tersebut masyarakat mendapatkan kemudahan dalam menukarkan uang tunai sesuai kebutuhan.

    Baca juga:  Pj Ketua PKK PB Minta Gerakan Tanam Cabai Direalisasikan Sampai ke Kampung  

    Selain itu juga dilaksanakan kick off kurasi, pelatihan dan peningkatan kapasitas UMKM berdikari (Kasuari) 2024 dan pasar murah.

    Sementara itu Pj Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh plt sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengungkapkan pemerintah sangat memperhatikan kondisi inflasi didaerah.

    “Kita harus waspada terhadap ketersediaan stok bahan pangan. Pasar murah yang dilaksanakan ini diharapkan dapat mengendalikan inflasi kita karena Papua Barat masuk dalam 10 provinsi dengan inflasi tertinggi. Apalagi wilayah kita masih bergantung pada barang dari luar daerah. Selain itu dengan program pelatihan ini juga meningkatkan kapasitas UMKM dalam mempersiapkan produk mereka yang juga berdampak pada ekonomi lokal,”jelasnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...